BUPATI BOMBANA : SEGERA TANGANI DAN PENUHI KEBUTUHAN KORBAN BENCANA

SHARE:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Ket. Gambar : Bupati Bombana H. Tafdil,SE, MM di dampingi Ketua TP PKK Kab. Bombana Hj. A. Nirwana Tafdil meninjau lokasi bencana alam.( foto : Hery ).

Rumbia. Bencana alam Angin Puting Beliung yang menimpa warga di kelurahan Kampung Baru dan Desa Tapuahi beberapa jam lalu membuat Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Bombana beraksi cepat dengan mengambil langkah penanganan tanggap darurat bagi warga yang menjadi korban bencana tersebut.

Kepala BPBD Kab. Bombana Ir. Abu Kahar yang di temui di sela sela kunjungan saat mendampingi Bupati Bombana meninjau lokasi bencana mengatakan kondisi pasca terjadinya bencana tersebut masih terus dipantau oleh tim yang dibentuknya untuk membantu warga yang sedang membenahi atau mencari sisa barang yang masih bisa mereka pergunakan, sebab tidak sedikit rumah warga yang hancur total bahkan ada yang sampai rumah mereka rata dengan tanah.

Menurut Abu Kahar, sesuai instruksi dari Bupati Bombana saat ini dirinya tengah berkoodinasi dengan dinas terkait untuk dilakukan penanganan – penangangan korban bencana tersebut, namun saat ini lanjutnya, yang paling mendesak menyediakan tempat untuk berteduh dengan membangun tenda darurat bagi para korban di tempat yang dianggap lebih aman.

” Kami sementara menyiapkan tenda darurat bagi warga dan bahan makanan berupa beras 1.5 Ton, indomie dan lainnya yang merupakan hal sangat urgen dibutuhkan warga saat ini, sambil menyiapkan langkah selanjutnya penanganan korban bencana ” terang Abu Kahar.

Abu Kahar menambahkan dari data yang diperolehnya, terdapat 29 rumah warga rusak parah yang terbagi di beberapa titik diantara 22 rumah di Kelurahan Kampung Baru dan 7 unti rumah di Desa Tapuahi, 1 buah sarana fasilitas umum ( pasar sentral bombana) dan kerugian materi yang ditaksir mencapai 2 Milyar Rupiah. ” Sampai saat ini hanya kerugian materi yang dilaporkan warga belum sampai terjadi ada korban jiwa ” kata Abu Kahar.

Sementara itu, Bupati Bombana H. Tafdil yang di Dampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kab. Bombana Hj. A. Nirwana dan Kabag Humas Dan Protokol Setda Bombana Drs. Hasdin Ratta,M.Si yang langsung datang ke lokasi bencana usai meluncurkan berlakunya  Kartu Jaminan Kesehatan Daerah ( Jamkesda ) Gembira di Kecamatan Poleang Barat menfagatakan dirinya merasa prihatin melihat kondisi rumah warga Yang beberapa saat lalu luluh lantak di hantam bencana angin puting beliung, pasalnya bukan hanya kondisi rumah warga yang menjadi perhatiannya, namun kondisi masyarakat yang sampai saat ini masih terkejut dan kebingungan atas bencana yang baru baru saja terjadi menyebabkan sebagian harta mereka yang telah dikumpulkan bertahun tahun hanya dalam tempo sekejap hilang akibat bencana yang mereka tidak pernah duga sebelumnya.

” Saya Sudah memerintahkan dinas terkait agar segera mungkin melakukan tindakan darurat untuk mengatasi kebutahan warga ” kata H. Tafdil.

Terkait rumah warga yang mengalami rusak parah, Ketua DPD PAN Bombana ini berjanji akan segera mengkalkulasi jumlah anggaran yang dibutuhkan untuk membangun kembali rumah korban bencana khususnyaa yang dianggap sudah tidak layak huni lagi.

” Ini sifatnya darurat dan penangangannya pun harus darurat pula, kita tidak akan menunggu bantuan dari pusat,karena dana untuk membangun rumah ini kita ambilkan dari alokasi APBD dan Dana Gembira Desa ” kata H. Tafdil.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, bencana angin puting beliung yang menghantam masyarakat yang bermukim di Kelurahan Kampung Baru dan Desa Tapuahi sempat membuat kepanikan yang luar biasa bagi warga, pasalnya selain datangnya secara tiba – tiba, angin tersebut di sertai suara gemuruh yang cukup keras dan derasnya hujan membuat suasana saat itu menurut sebagian warga harus berlarian menyelamatkan diri mereka.

Senada, Ketua Tim Penggerak PKK Bombana Hj. Nirwana Tafdil mengaku turut prihatikan atas kejadian yang menimpa warga kedua daerah tersebut, sehingga dirinya pun akan segera mengumpulkan anggota TP PKK Bombana untuk mengambil langkah – langkah untuk membantu meringankan beban koban bencana.

” Saya atas nama TP PKK Kab. Bombana turut prihatin atas musibah ini, kami harap agar korban bisa tabah menghadapi cobaan ini ” kata Hj. A. Nirwana.

” Insya allah kami juga akan turut membantu masyarakat di sini ” tambahnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *