BUPATI BOMBANA SERAHKAN BANTUAN 1 UNIT EXCAVATOR KEPADA KSU SEJATI RAROWATU UTARA

SHARE:
  •  
  • 42
  •  
  •  
  •  

RUMBIA, Kominfos.

Petani Tambak yang berhimpun dalam wadah Koperasi Usaha Bersama Sejati benar-benar ketiban durian runtuh. Kabar gembira bagi petani tambak yang berada di Desa Watumentade Kec. Rarowatu Utara Kab. Bombana itu setelah Ketua Koperasi yang diketuai Sampara mendapat kabar kedatangan Bupati Bombana H. Tafdil, SE.,MM untuk menyerahkan bantuan berupa alat berat satu unit excavator pada Jumat (24/8)

Penyerahan alat berat dilaksanakan setelah pelaksanaan sholat Jumat secara berjamaah bersama warga Desa Watumentade Bupati Bombana H. Tafdil, SE.,MM saat menyerahkan secara simbolis kunci satu unit excavator diterima langsung oleh Sampara ketua Koperasi Usaha Bersama Sejati, didampingi Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sulawesi Tenggara Ir. Askabul Kijo, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bombana Sarif, S.H, Camat Rarowatu Utara dan Kepala Desa Watumentade disaksikan warga desa.

Dalam sambutannya, Bupati Bombana sangat mengharapkan kiranya bantuan alat berat ini benar-benar dijaga dan dimanfaatkan sebaik-baiknya. “Saya sangat mengharapkan warga petani tambak di Desa Watumentade menjaga baik-baik dan merawat alat ini (excavator-red) mengingat lima tahun kita bermohon baru bisa mendapatkannya” Ujarnya.

Kata Bupati, dengan adanya alat ini, akan memotivasi para petani tambak untuk menggarap lahan tambaknya, karena tidak lagi dikerjakan secara manual yang pada akhirnya akan diikuti dengan peningkatan taraf hidup petani tambak itu sendiri.

Secara terpisah, Sarif, SH. Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Bombana memaparkan, bantuan yang diserahkan Bupati Bombana kepada warga petani tambak Desa Watumentade merupakan realisasai proposal yang diajukan beberapa waktu lalu kepada Kementerian Kelautan dan Perikanan RI setelah melalui verifikasi yang cukup panjang.
“Kita mengajukan beberapa proposal kepada Kementerian Kelautan dan Perikanan setelah turun tim verifikasi dari pusat dengan melihat kondisi wilayah dilapangan termasuk luasan wilayah lahan tambak maka kelompok yang diketuai Sampara yang mendapat prioritas pertama. Kita harapkan kedepan koperasi-koperasi nelayan lainnya yang belum memenuhi syarat segera dibenahi sehingga bisa mendapatkan bantuan yang sama.” Ujarnya.

Mansur Sigia, Kepala Bidang Pengembangan Kawasan dan Budidaya Ikan Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bombana kepada Kominfos menuturkan bantuan yang baru saja diterima warga petani tambak Desa Watumentade diperuntukkan kepada warga untuk mengolah tambak yang mereka miliki dimana satu koperasi mengolah sekitar 100 hektar.

“Satu kelompok yang bernaung dalam satu koperasi yang kita usulkan diperuntukkan mengolah lahan tambak seluas 100 Hektar, ini sesuai arahan dan petunjuk dari pihak Kementerian Kelautan dan Perikanan RI”. Kata Mansur.

Penulis: Tim Kominfos
Editor : Anton Ferdinan