BUPATI CANANGKAN PIN POLIO DI MATAOLEO

SHARE:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Rumbia. Bupati Bombana H. Tafdil, SE.MM mengingatkan agar seluruh kader kesehatan yang ada di Bombana untuk melakukan pendataan secara detail terhadap anak yang masuk dalam kategori umur 0- 59 tahun dalam mendapatkan Imunisasi polio, pasalnya dari data yang dimiliki Bupati Bombana jumlah sasaran pada pekan imunisasi polio mencapai 20056 jiwa sehingga hal tersebut dipandang cukup memudahkan para kader dalam melakukan pendataan selama sepekan imunisasi penyakit Lumpuh layu tersebut, hal tersebut di katakan Bupati Bombana saat membuka Pekan Imunisasi Polio (PIN) di Kecamatan Mataoleo baru – baru ini (9/3).

Menurut orang nomor satu di Pemerintahan Bombana saat ini, jika di kalkulasi dengan jumlah sasaran anak yang masuk dalam kategori pemberian vaksin tetes yang jumlahnya 20056 jiwa, apabila dibagi dengan jumlah desa yang ada 138 Desa yang ada saat ini, maka setiap Desanya hanya memiliki sasaran 145 orag anak.

“ makanya saya inginkan selain mendirikan posko, para kader juga harus menjemput bola dengan mendatangi sasaran, apalagi pekan imunisasi ini waktunya satu minggu, sehingga tidak ada lagi anak-anak kita yang tidak mendapatkan imunisasi ini “ kata Bupati Bombana.

Bupati ke 5 di Wonua Bombana ini mengakui, untuk wilayah Bombana sendiri hingga saat ini belum ditemukan penyakit lumpuh layu yang disebabkan virus polio, sehingga Imunisasi ini merupakan upaya pencegahan yang dilakukan Pemerintahan dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

“ walaupun belum ada kasus lumpuh layu yang disebabkan virus polio, saya meminta agar hal ini jangan dipandang enteng, makanya saya berharap masyarakat juga harus sadar betapa pentingnya pencegahan dari pada mengobati suatu penyakit “ kata Bupat Bombana.

Usai membuka pekan Imunisasi polio yang akan dilaksanakan selama satu minggu dari tanggal 8 Maret sampai 15 Maret, Bupati Bombana bersama rombongan diantara Sekda Bombana, kapolres Bombana, perwira Penghubung 1413 Buton berkesempatan meneteskan obat ke anak – anak yang hadir dalam pembukaan tersebut.

ditemui di sela – sela pemberian vaksin Polio, Kepala Dinas Kesehatan dan KB. Dr. H. Sunandar,MM. Kes menuturkan dalam mengsukseskan Pekan Imunisasi Polio yang secara serentak dilakukan di seluruh wilayah Indonesia, pihaknya menurunkan 250 orang tenaga medis serta kader yang jumlah 1.215 orang, sehingga dirinya merasa optimis target dari keseluruhan jumlah sasaran yang ada di Bombana bisa tercapai.

“ Insya Allah kami yakin target kita dalam program ini bisa sukses terlebih lagi jumlah kader yang akan kita terjunkan tidak sedikit, namun demikian kita tetap membutuhkan partisipasi semua utamanya tumbuhnya kesadaran masyarakat akan pentingkn imunisasi ini “ paparnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *