BUPATI : JADIKAN HUT BOMBANA SEBAGAI WUJUD RASA SYUKUR UNTUK MELANJUTKAN PEMBANGUNAN

SHARE:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  


Ket. Gambar : Bupati dan Wakil Bupati Bombana Bersama unsur Pimpinan DPRD Kab. Bombana saat menghadiri Sidang Paripurna Istimewa dalam rangka HUT Bombana ke 9.( foto : Herry ).

Poleang. Puncak peringatan Hari Ulang tahun bombana ke 9 yang tepat hari ini dilaksanakan dengan cukup sederhana namun penuh hikmah yang di hadiri Bupati Bombana, Wakil Bupati Bombana dan para aparatur Pemkab diantara Sekda Bombana Serta pejabat Eselon II,III dan IV, swlain di hadiri jajaran aparatur nampak pula tamu undangan lainnya diantaranya Kadislog Lanal angkatan udara, Danlanud, Asisten I Kota Kendari dan pejuang pejuang pemekaran 9 tahun silam.    

Usai bertindak selaku  Inspektur Upacara pada peringan Hari Ulang Tahun Kabupaten Bombana ke 9 di lapangan Kastarib Kecamatan Poleang, Bupati Bombana langsung menghadiri Sidang Paripurna Istimewa DPRD Kab. Bombana. Ketua DPRD Kab. Bombana Andhi Ardan, SH dalam sambutannya momentum HUT tahun ini janagn hanya di jadikan seremonial, dirinya menginginkan  dimasa mendatang agar kemakmuran masyarakat  bisa lebih baik.

” Pemerintah memiliki peran penting dalam menata kehidupan masyarakat menuju era yang lebih mapan ” kata Andhi Ardhian.

Saat ini kata Andhi, kemajuan yang dirasakan masyarakat bombana tidak bisa di pungkiri,apalagi katanyacdengan padunya berbagai macam program pemerintah segalacaspek di semua sektor sudah berjalan sudah sejalan dengan  mekanisme yang kita harapkan. ” walau masih muda, bombana kini sudah mampu mensejajarkan dirinya dengan kabupaten lain di sultra hal itu tidak lepas dari suksesnya program gembira desa, gembira kecamatan, bahteramas dan sumber dana lainnya yang di sokong dengan adanya kerjasama yang baik antara pihak eksekutif, legeslatif dan masyarakat ” ungkap Andhi.      

Sementara itu Bupati Bombana, H. Tafdil menuturkan peringatan HUT Bombana tahun  ini jangan dimaknai lain, namun yang terpenting untuk di ketahui kegiatan ini hanya bertujuan membagi kebersamaan dengan masyarakat di tiga pilar (rumbia, poleang, kabaena) dan wujud rasa syukur dengan terbentuknya bombana sebagai daerah otonom.  

H. Tafdil menambahkan peringatan tahun ini memiliki tiga filosofi yang perlu di pahami, yang pertama kata Pemilik DT 1 K ini antara lain, restrospektif dengan maksud menjadikan peringatan HUT untuk menegok masa laku sebagai aebuah mata rantai dan Introspektif dengan menjadikan sebagai sarana mawas diri.

” yang terpenting prospektif melalui perayaan ini kits diharap merancang sebuah formula masa depan, berlandaskan realita tanpa melupakan nilai nilai sejarah yang telah terjadi ” terang H. Tafdil.  

Untuk tahun ini tutur H. Tafdil program pembangunan melalui Gembira yang dianggap sebagai program arogansi dan selalui diragukan banyak pihak sudah terbukti dengan banyaknya sarsna yanh dibangun dengan alokasi anggaran tersebut. Suami Hj. A. Nirwana ini menjelaskan untuk pembangunsn jalan desa telah terealisasi kurang lebih 37 KM, drainase 5.554 M, Pembangunan Jembatan 153 buah, Sarana Air bersih atau perpipaan 14.295 M, gedung Kantor, posyandu, 44 unit.  

” bedah rumah juga di lakukan untuk rumah tidak layak huni sebanyak 810 unit, pembangunan talud 1.967 M serta bantuan rumah ibadsh dan insentif pelayan masyarakat sudah kami realisasikan semua ” tambahnya.  

Dirinya juga mengakui, tahun depan akan lebih fokus pada tujuh program prioritas yang terakumilasi dalam kegiatan antara lain, pensggulangan kemiskinan, peningkatan akses pendidikan, peningkatan tata kelolah pembangunan perkotaan, peningkatan ekonomi masyarakat, peningkatan produktivitas pertanian, peningkatan kualitas pelayanan informasi publik dan peningkatan tata kelolah sektor pertambangan.  

” kami harap semua stackholder bisa bersama sama mendukung program ini, dan di kesempatan ini pula kami mohon restu agar peringatan HUT  bombana yang kesepuluh kita laksanakan kabaena ” kata H. Tafdil yang disambut tepuk riuh anggota DPRD yang hadir di sidang istimewa tersebut.

Komentar