BUPATI LANTIK 118 PEJABAT STRUKTURAL

SHARE:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Rumbia. Bupati Bombana H. tafdil, SE. MM kemarin (12/01) mengambil sumpah 118 orang pada pelantikan Pejabat Struktural Eselon II, III dan IV Lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Bombana yang sudah mengikuti tahapan Uji Kompetensi beberapa saat lalu Gedung serba Guna Rumbia.

Selain Pelantikan tersebut dihadiri Wakil Bupati Bombana Ir. H. Masyhura, Sekda Bombana  H. Burhanuddin A. HS. Noy, dan Wakil Ketua DPRD Bombana Drs. Mujahid, Nampak pula Ketua TP PKK yang juga merupakan Ketua Badan Kehormatan DPRD Bombana Hj. A. Nirwana serta Pejabat Eselon II lainnya turut pula menghadiri pelantikan tersebut.

Diantara pejabat yang dilantik siang tadi Untuk jajaran Pejabat Eselon II, Azis Fair, S. Sos yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Dinas Pencatatan Sipil Kabupaten Bombana di mutasi ke Dinas Pertanian dan Holtikultura Kabupaten Bombana sedangkan Drs. H. Muh. Suyuti yang menjabat Kadis pertanian di mutasi ke BP4K Kab. Bombana, Andi syarifuddin, SH yang sebelumnya menjabat selaku Kepala Dinas Disdikpora Bombana di mutasi ke BPBD Bombana,  Dra. Hj. Sitti Sapiah Rustam yang sebelumnya merupakan staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi dan Keuangan di percaya untuk menjabat sebagai Kepala Badan Lingkungan Hidup Bombana menggantikan Dr. Abdi yang memilih pindah tugas sebagai salah seorang dosen pengajar di salah satu Universitas yang ada di Makassar, Sama halnya dengan Abdul Rauf Abidin, S. Pd yang sebelumnya menjabat Sekretaris Disdikpora Bombana di Promosi untuk menjadi Kepala Dinas pendidikan Pemuda dan Olah Raga menggantikan A. Syarifuddin.

Begitu juga dengan Syarif, SH yang merupakan Staf Ahli Bupati dipercaya untuk menakhodai Dinas Perikanan Bombana, sedangkan Drs. Alimuddin yang merupakan Camat Poleang Tengah merupakan satu – satunya camat yang mendapat Promosi menduduki jabatan Eselon II sebagai Sekwan DPRD Bombana, disampingi itu Drs. Hasdin Ratta, M. Si yang jabatan sebelumnya sebagai Kabag Humas dan Prokotol Setda Bombana turut pula di promosi menduduki jabatan Eselon II sebagai Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, sama hal dengan Ir. H. Sirajuddin yang pada awalnya sebagai Staf di Sekretariat Daerah di percaya menduduki jabatan Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Keuangan.

Bukan hanya itu, Ir. Abu Kahar Kepala BPBD Bombana di mutasi ke Staf Ahli Bidang Bidang Pembangunan sama dengan Armin Sarewo yang sebelumnya merupakan Sekwan DPRD Bombana di Mutasi pula sebagai Staf Ahli bidang Kemasyarakatan, sedangkan Siswaadi Ali Hasan yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Dinas Perindagkop di mutasi ke Kadisdukcapil sedangkan Muhammad Kasim D yang jabatan sebelumnya Sekretaris Dinas Perhubungan di promosi menggantikan Siswadi sebagai Kadis Perindagkop.

Bupati Bombana H. Tafdil dalam sambutannya mengatakan bahwa rotasi kali ini merupakan implementasi dari proses lelang jabatan yang dilakukan beberapa saat lalu, sehingga dirinya kembali menegaskan bahwa untuk para Pegawai Negeri Sipil ( PNS ) yang ingin mendapat promosi jabatan setingkat lebih tinggi maka dirinya mewajibkan untuk mengikuti prosses lelang jabatan.

“  Saya berterima kasih kepada pak Sekda, BKD dan seluruh tim yang terlibat dalam proses lelang jabatan bahwa proses lelang jabatan tersebut telah menjadikan kita sebagai satu – satu daerah yang ada di Sultra yang telah melakukan penataan birokrasi selangkah lebih maju di banding daerah lainnya sehingga di Kemenpan sendiri sudah mengakui hal tersebut “ kata H. tafdil.

Lebih lanjut, dirinya menambahkan bahwa pejabat yang dilantik banyak yang mendapat promosi, bahkan dirinya mengaku banyak diantara kalangan pejabat yang dilantiknya kali ini dirinya tidak mengetahui secara dekat, namun hal tersebut ditegaskan kembali bahwa apa yang pelantikan saat ini merupakan suatu proses kompetisi yang sehat di lingkup pemerintahan yang di pimpinnya.

“ Jadi sekarang sudah sudah tidak ada lagi yang namanya nanti orang dekat bupati baru bisa jadi pejabat, dan saya pastikan yang dilantik kali ini murni hasil dari uji kompetensi “ terangnya.

Lebih jauh Ketua DPD PAN Bombana ini menegaskan bahwa selain proses lelang jabatan, pejabat yang dilantiknya pagi tadi sudah bebas dari piutang Negara, pasalnya salah satu syarat utama bagi seorang PNS jika ingin menduduki jabatan harus memiliki rekomendasi bebas temuan dari pihak Inspektorat.

“  Makanya saya kembali menegaskan bahwa selain lolos dari uji komptensi semua pejabat yang ingin dilantik wajib mendapatkan rekomendasi bebas temuan dari Inspektorat, hal tidak hanya berlaku yang yang ingin dilantik, namun berlaku pula kepada pejabat yang ada saat ini, jika tidak mengambil rekomendasi tersebut maka saya pastikan jabatan yang di mebannya akan di lelang “ tegas H. Tafdil.

Seperti diketahui selain pejabat Eselon II yang dilantik siang tadi sejumlah pejabat baik Eselon III dan IV turut pula dilantik setelah mengikuti tahapan uji kompetensi seperti diantara Al Kautsar Mubarak di lantik menjadi Lurah Lambale Kecamatan Kabaena Timur, Rajman, S. Pd dilantik sebagai Camat Kabaena Tengah, Alimin, S. Sos dilantik menjadi Camat Poleang Tengah, begitu juga dengan Andi Idris di amanhi jabatan sebagai Sekretaris Bappeda Bombana.

“ saya ingin agar baik pejabat lama dan pejabat yang baru untuk segera melakukan koordinasi dengan baik sebelum meninggalkan jabatannya apalagi dalam waktu dekat ini BPKP akan turun melakukan pemeriksaaan “ kata H. Tafdil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *