BUPATI TEKEN MoU KETENAGAKERJAAN

SHARE:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Rumbia. Dalam rangka meningkatkan taraf hidup masyarakat dan memberikan perlindungan hukum ketenagakerjaan khususnya bagi masyarakat Bombana yang ingin merantau dengan menjadi seorang Tenaga Kerja , pagi tadi bertempat di Gedung Seba Guna, Pemkab Bombana yang diwakili langsung Bupati Bombana menandatangani Sebuah kesepakatan bersama Momerandum Of Understanding (MoU) dengan penyedia Jasa Layanan TKI PT. Baharindo Mahdi bersama salah satu Perusahaan Besar asal Malaysia Shin Yang Forestry serta Polres Bombana yang disaksikan masyarakat dan unsur pejabat lingkup Pemkab Bombana.
Direktur PT. Baharindo Mahdi Ir. Agus Salim mengemukakan penandatangan MoU antara pihaknya dengan Pemkab Bombana bersama penyedia Jasa Tenaga Kerja asal Malaysia Shin Yang Forestry BHD merupakan suatu momentum penting sebagai salah satu upaya pemberdayaan diri masyarakat menuju kesejahteraan.
Namun, dirinya menegaskan walaupun MoU antara semua pihak yang terlibat dalam kerjasama ini memiliki tujuan baik dengan memberi kemudahan para pencari kerja, Agus menegaskan bahwa perekrutan yang akan dilakukannya akan tetap sesuai dengan standar operasional.
” Tujuan kami agar para calon tenaga kerja sebelum bekerja memang benar-benar memiliki kualitas dalam melaksanakan kerjanya ” kata Agus Salim.
Sementara itu, salah seorang perwakilan Shin Yang Forestry mengakui saat ini perusahaan yang dimilikinya memang membutuhkan tenaga kerja utamanya yang bekerja di bidang kelapa sawit, tak tangung -tangung pria yang berkewarnegaraan Malaysia ini mengakui dengan luasnya area lahan jumlah peningkatan target produksi Kelapa sawitnya di tahun ini, dirinya masih kekurangan jumlah tenaga kerja yang cukup besar.
” Saat ini kami memiliki lahan 4000 Ha dengan jumlah tenaga kerja sebanyak 2000 orang, namun itu kami rasa tidak cukup karena target kami saat ini di bidang produktivitas kelapa sawit 500 ribu Ton, maka kami masih membutuhkan tenaga kerja sekitara 1000 orang lagi, dan kami harap masyarakat bombana yang ingin mencari kerja bisa bekerjasama dengan perusahaan kami ” katanya.
Penandatangan MoU Ketenagakerjaan yang dilaksanakan baru-baru (20/1) ini di Gedung Seba Guna memang terasa sangat spesial, pasalnya selain baru pertama kalinya diSultra sebuah penandatangan MoU tentang ketenagakerjaan langsung di tanda tangani perusahaan tempat tenaga kerja nantinya akan bekerja, penandatangan tersebut juga menandai adanya perlindungan hukum secara legal.
Ditempat yang sama, Bupati Bombana H. Tafdil, SE,MM mengungkapkan menjadi seorang tenaga kerja di malaysia merupakan salah satu pilihan masyarakat bombana dalam memenuhi kehidupan keluarganya, namun sayangnya papar Bupati, tidak adanya penyedia jasa layanan yang memberikan ruang bagi masyarakat khususnya di bidang ketenagakerjaan, membuat masyarakat harus rela mengadu nasib di negeri orang tanpa dilengkapi persyaratan yang legal. sehingga dengan adanya penandatanganan MoU Pemkab dengan Penyedia Jasa dan Pihak Perusahaan, merupakan sebuah terobosan baru yang patut di apresiasi semua pihak.
” Banyak kita saksikan TKI kita di kejar-kejar ketika aparat negara tetangga (Malaysia ) melakukan razia sehingga mereka juga tidak tenang dalam bekerja, nah, dengan adanya kerja sama ini maka hal ini akan lebih membuka ruang bagi para pencari kerja (TKI) dalam bekerja ” kata Bupati Bombana.
Dirinya mengaku pada awalnya sempat ragu ketika disampaikan program kerja sama ini sebab mengira perusahaan ini akan mencari tenaga kerja di bidang PRT, namun setelah mengetahui Perusahaan Shin Yang merupakan sebuah perusahaan yang cukup besar di negara melayu tersebut, dan memiliki bidang sektor bukan hanya kelapa sawit, maka dirinya yakin bahwa perusahaan tersebut ingin membangun kemitraan dengan pemkab dengan memberikan ruang kerja bagi masyarakat yang ingin memilih pekerjaan menjadi tenaga kerja di negeri orang.
” Kalau di Bidang Pembantu Rumah Tangga tentu saya akan berfikir 1000 kali, karena banyak kita lihat di berbagai media bagaimana tenaga kerja wanita terkadang mendapat perlakukan yang tidak manusiawi, namun setelah saya pelajari dan ternyata perusahaan ini bergerak juga di bidang investasi lainnya maka saya langsung menyambut baik, karena sudah bisa di pastikan bahwa keabsahan dokumen dan perlindungan kerja menjadi prioritas dari perusahaan ini ” kata Bupati Bombana.
Bupati yang terpilih melalui Pilkada langsung 4 tahun lalu ini juga berharap agar pihak perusahaan Shin Yang Forestry agar memikirkan untuk berinvestasi di bombana, bahkan dirinya tidak segan -segan menegaskan akan memberi kemudahan kepada perusahaan mana saja yang ingin berinvestasi selama perusahaan tersebut serius.
” Tolong kadis kehutanan agar mengantar pihak perusahaan ini melihat komiditi kayu yang kita miliki sehingga bisa menjadi rujukan mereka dalam mengambil kesimpulan untuk berinvestasi “paparnya.
Komentar