BUPATI TEKEN MoU PAJAK DENGAN KPP PRATAMA KOLAKA

SHARE:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Rumbia. Dalam rangka mengoptimalisasikan sumber-sumber pajak serta meningkatkan kesadaran wajib pajak di Kabupaten Bombana, Pemkab Bombana kembali melakukan terobosan  dengan  melakukan kerjasama dengan Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Kolaka dalam bentuk nota kesepahaman bersama, Hal ini ditandai dengan ditanda tangani Memorandum Of Understanding (MoU) antara Bupati Bombana H. Tafdil, SE,MM dengan  Kepala KPPT Pajak Pratam Kolaka di Ruang Rapat Bupati Bombana.
Menurut Kepala KPP Pratam Kolaka, dalam  penandatangan MoU ada dua point penting yang akan dilakukan secara bersama-sama antara pihaknya dengan Pemerintah Daerah, salah satu yakni memberikan pemahaman dan kepatuhan kepada seluruh bendahara lingkup Pemkab agar selalu tepat waktu dalam penyelesaian pembayaran pajak, sehingga tidak berdampak negatif kepada hasil pemeriksaan yang dilakukan Badan Pemeriksa Keuangan, selain itu menurutnya pihaknya juga akan memberikan pembinaan kepada seluruh Bendahara Satuan Kerja Perangkat Daerah ( SKPD ) di Bombana dalam meningkatkan kompetensinya dalam menangani masalah pajak.
” Peningkatan kompetensi bendahara dalam bidang pajak memang sangat perlu untuk dilakukan agar tidak terjadi lagi kesalahan dalam pengimputan “katanya.
Lebih lanjut, dirinya mengharap dengan ditandatanganinya nota kesepahaman ini, pihak pemkab agar tiap saat melakukan update data, agar sumber-sumber potensi pajak yang dimiliki Pemkab Bombana bisa lebih dimaksimal yang pada akhirnya akan bermuara pada penerimaan pajak yang semakin besar.
” Dengan mutakhirnya data yang kita miliki maka kita akan lebih mudah menggali potensi pajak yang ada, Memang saat ini kami sudah bekerjsama dengan Distamben Bombana,Dispenda dan BPKAD Bombana dalam hal pajak ini, tapi saya rasa dengan adanya penandatangan ini, kami yakin kerjsama ini akan mendatangkan dampak jauh lebih positif kedepan ” ungkapnya.
Sementara itu, Bupati Bombana H. Tafdil,SE.MM mengungkap bahwa apa yang dilakukan Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda ) Bombana dalam mendorong percepatan kerjasama ini perlu mendapat apresiasi, pasalnya dari seluruh Kabupaten/Kota yang ada di Sultra, Bombana merupakan Kabupaten pertama yang berani melakukan terobosan ini.

” Ini menandakan bahwa walaupun Daerah Kita Masih Muda dan akses internet juga masih belum maksimal kita masih lebih dulu mendukung percepatan program pembangunan melalui kepedulian daerah kita sebagai daerah yang taat pajak ” terang Bupati Bombana.
Dirinya mengurai, penandatangan MoU ini akan berdampak makin meningkatnya kesadaran para wajib pajak dalam menyelesaikan kewajiban, terlebih lagi kata Pemilik DT 1 K ini salah satu sumber penerimaan terbesar negara  kita bersumber dari pajak, sehingga apabila komponen masyarakat atau lembaga pemerintah sudah tidak taat dalam membayar pajak, maka secara otomatis hal itu akan menghambat laju pembangunan.
” Coba pikirkan gaji yang kita peroleh setiap bulannya saja  bersumber dari pajak, bayangkan jika kita sendiri sudah tidak taat maka pasti ada kesalahan yang terjadi pada diri kita ” kata Bupati Bombana.
Bahkan dikesempatan tersebut yang dihadiri seluruh Kepala SKPD Bombana, bupati yang berhasil mengantar Bombana meraih Predikat Wajar Tanpa Pengecualaian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK ) RI beberapa saat lalu meminta kepada seluruh kepala SKPD setelah ditandatanganinya MoU tersebut, agar segera melakukan pendataan dan memberikan data potensi pajak yang dimiliki.
” Kita hanya memberikan data saja, nanti pihak Kantor Pajaklah yang menentukan yang mana dari potensi itu bisa di tarik pajak, bukan kita yang menentukan, bahkan kita tidak perlu risau tentang data yang kita miliki karena pasti Data tersebut akan terjaga dengan baik ” beber Bupati Bombana.

” Saya juga minta setiap SKPD dalam melakukan kegiatan agar menyempatkan waktu memahami masalah pjak dengan mengundang pihak Kantor Pajak, bahkan Kepala Dinas juga wajib mengetahui masalah ini sebab bagaimana kita bisa asistensi staf kita masalah pajak kalau kita sendiri tidak memahaminya ” tambahnya.
Usai menandatangani MoU tersebut, Kepala KPP Pajak Pratama memberikan cenderamata berupa Plakat yang diterima secara langsung oleh Bupati Bombana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *