BUPATI TERIMA PROPOSAL PEMEKARAN KABAENA KEPULAUAN

SHARE:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Rumbia. Rencana pemekaran Pulau Kabaena menjadi sebuah daerah atonom baru mendapat sambutan yang cukup hangat dari Bupati Bombana, hal tersebut terungkap saat H. Tafdil yang di Dampingi Asisten 1 setda Bombana, Kabag Humas Setda Bombana menerima proposal Pemekaran Pulau penghasil Nikel tersebut dari Panitia Pemekaran Kabupaten Kabaena Kepulauan usai bertindak selaku inspektur Upacara HUT Sumpah Pemuda di Ruang rapat Kantor Bupati Bombana.

Bupati bombana H. Tafdil, SE di hadapan Panitia Pemekaran mengatakan pada prinsipnya dirinya sangat menyetujui pemekaran pulau Kabaena menjadi sebagai salah satu daerah otonom baru di Sultra, apalagi saat ini dengan banyaknya semangat pemekaran yang di dorong dari keinginan masyarakat pemerintah daerah harus memberi respon semangat pemekaran tersebut.

” Pihak Pemkab Bombana sangat merespon apa yang menjadi keinginan masyarakat Pulau Kabaena dan akan berusaha memfasilitasi hal tersebut ” kata H. Tafdil.

Namun, menurut Bupati yang hobi berpantun ini mengingatkan agar Panitia yang tergabung dalam pemekaran ini untuk serius mencermati persoalan yang di hadapi saat ini, karena menurutnya pulau yang kaya dengan sumber daya alam tambangnya ini bukan hanya memerlukan persetujuan dari Pemerintah Bombana, namun perlu juga persetujuan dari Pemerintah Buton karena sebagian wilayah selatan pulau tersebut masih masuk dalam pemerintahan Kabupaten Buton saat ini.

” Saya ingin panitia sesegera mungkin bersinergis dengan pemerintah Buton, sehingga Ide pemekaran ini jika terlaksana. Saya ingin melihat Kabaena ini menjadi satu daerah otonom, bukan seperti sekarang ini sebagian wilayahnya masuk Kabupaten Buton ” terang H. Tafdil

” saya juga akan memfasilitas hal ini. Kalau perlu panitia mengatur kapan waktu yang tepat agar kedua pimpinan daerah bertanda tangan terkait usul pemekaran ini ” tambahnya.

Sementara itu, H. Yamin indas salah seorang tokoh pemekaran menyampaikan rasa syukurnya atas respon yang di sampaikan bupati bombana yang secara tegas akan membantu panitia pemekaran mewujudkan hal tersebut, dirinya pun berharap agar seluruh panitia yang tergabung dalam pemekaran melaksanakan apa yang menjadi arahan bupati untuk dalam waktu dekat ini. sudah mulai membangun komunikasi dengan pemkab Buton.

” Kami secepatnya akan berkoordinasi dengan pemkab buton sesuai arahan bupati ” kata Yamin Indas.

Senada, Ketua panitia Pemekaran Kepulauan Kabaena yang juga Wakil Bupati Bombana Ir. Hj. Masyhura mengaku optimis Pemerintah Buton akan membantu masyarakat Kabaena mewujudkan hal tersebut, menurutnya pasca dua hari pelantikan Bupati Buton dirinya sempat berkomunikasi dengan Bupati terpilih saat ini ( Umar Samiun) mengenai ide pemekaran kabaena dan waktu itu Umar samiun sangat merespon ide tersebut.

” Kita akan bersurat secara resmi dan menjalin komunikasi terkait pemekaran ini, kami yakin pemkab buton akan merespon ide ini ” kata. Hj. Masyhura.

Komentar