CEGAH PENYEBARAN DBD, DINKES BOMBANA BUKA LAYANAN HOTLINE

SHARE:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Rumbia. Tingginya curah hujan akhir-akhir ini bukan hanya membuat masyarakat rumbia mewaspadai banjir yang datangnya bisa setiap saat, penyebaran penyakit Deman Berdarah yang di sebabkan oleh nyamuk aides aigepty patut pula mendapat perhatian serius, pasalnya banyak masyarakat di beberapa daerah sudah mengalami penyakit, bahkan dari beberapa pemberitaan media cetak dan elektronik, penyakit yang memiliki gejala bintik merah di badan ini sudah merenggut nyawa manusia.
Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan dan KB Kabupaten Bombana Dr. Sunadar Rahim. M.Kes dalam release beberapa hari lalu, menurut dokter yang membuka praktek umum ini, saat ini dengan tingginya intensitas hujan akan berbarengan dengan meningkatkan perkembang biakan nyamuk , sehingga dirinya berharap agar masyarakat menghindari penyebaran penyakit yang sudah mengakibatkan banyak korban jiwa.
” Makanya program 3M harus diterapkan masyarakat sehingga bisa meminimalisir berkembangbiaknya nyamuk ini ” terang Dr. Sunandar.
Mantan Direktur RSUD Bombana ini Gerakan 3M Plus (Menguras, Menutup, Mengubur dan mendaur ulang barang bekas) sangat efektif untuk mencegah nyamuk yang memiliki ciri belang hitam putih ini, selain itu ucapnya dengan menjaga kebersihan lingkungn dalam dan luar rmah serta kebersihan Drainase perlu juga dilakukan secara rutin.
” Jangan pula lalai ketika beristirahat dengan pemakian kelambu pada saat tidur, serta menggunkan lotion anti nyamuk atau semprot nyamuk akan membuat masyarakat aman dari gigit nyamuk ini ” kata Dr. Sunandar.
Dirinya mengakui pihaknya terus memantau penyebaran penyakit ini, bahkan saat ini ujarnya Dinas Kesehatan membuka layanan pencegahan dan penanggulangan (KLB) DBD, dengan Hubungi Call Center 081342478080.
“Kami harap jika masyarakat mengalami gejala penyakit ini agar segera menghubungi puskesmas terdekat atau segera menelpon call center kami agar penyakit tersebut bisa segera di tangani ” ungkapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *