CORAK KHAS MORONENE MULAI DIPERKENALKAN

SHARE:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Kendari, Langkah Pemerintah Daerah Kab. Bombana yang belerjadama dengan Dekranasda Bombana memperkenalkan corak khas budaya Kab. Bombana di Zahra Hotel minggu (23/9) lalu, mendapat pujian dari berbagai pihak, betapa tidak, kebudayaan maupun  corak khas suku moronene  selama ini seolah tidak mendapat perhatian dari berbagai pihak.  

salah seorang Masyarakat suku  Moronene yang hadir pada kesempatan tersebut mengungkapkan sejak terbentuknya Kabupaten Bombana 8 tahun silam, baru tahun ini pemerintah daerah bombana sendiri menggelar pagelaran secara besar besaran, yang lebih membanggakan pengenalan budaya suku moronene tidak dilakukan di bombana melainkan di kendari.

” semoga ini menjadi langkah awal agar kebudayaan dan corak suku moronene bisa lebih di kenal masyarakat luar ” ujar sarwan  

Sarwan juga berharap, agar pagelaran yang tujuannya sebagai bentuk pengenalan budaya dan promosi budaya  kedepannya bisa dijadikan agenda tahunan pihak pemkab, sehingga kata sarwan  kebudayaan yang merupakan warisan leluhur tidak luntur hanya karena persoalan era globalisasi.  

“saya  sendiri sangat terharu melihat kebudayaan asli suku saya mendapat perhatian ekstra oleh pihak pemkab ” tambahnya.

Pagelaran Budaya Corak Khas Moronene yang pelaksanaan di Zahra Hotel hari minggu lalu yang dihadiri kurang lebih 800 orang termasuk Gubernur Sultra, Wagub, Ketua Penggerak PKK prov. Sultra jajaran eselon II pemprov, mantan Pj. Bupati Bombana dan masyarakat bisa dikatakan terbilang sukses, pasalnya selain menampilkan tari kreasi Lumense, tari Morengku dan Tarian Kreasi Kompe, pagelaran tersebut juga menampilkan fashion show yang menampilkan busana pakaian yang bercorak bosu-bosu dan buri sininta.

Komentar