DANA COMDEV BUKAN BAGI-BAGI UANG

SHARE:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Rumbia, tidak jelasnya pengelolaan  dana comdev oleh Kepala Desa yang di keluarkan pihak investor perusahaan tambang yang berada di wilayah kabaena sebagai salah satu kompensasi yang diterima desa dari hasil eksplorasi tambang dikeluhkan korlap Forum Advokasi Tambang Kabaena Sahrul saat berdialog dengan Bupati Bombana di ruang rapat Bupati kemarin ( 29/5).  

Sahrul mengungkapkan bahwa dana comdev yang diterima para kepala desa, hingga saat ini tidak jelas arah penggunaannya, bahkan sahrul menuturkan di wilayah kabaena ada satu pekerjaan yang terindikasi di kerjakan 3 sumber dana yakni, Block Grand dan comdev  

” entah benar apa tidak info ini, namun yang pasti dana comdev terkesan dikerjakan sendiri oleh kepala desa tanpa melibatkan pihak lain” kata Sahrul  

Sahrul menambahkan, dana yang di kelolah desa dalam satu tahunnya mencapai di kisaran 1,2 milyar, namun sahrul merasa sangat miris melihat kondisi di desa, sebab sampai saat ini tidak nampak adanya perubahan yang sangat signifikan,” ini harus kita pikirkan” ungkap sahrul.  

Ditempat yang sama, Bupati Bombana H. Tafdil merasa heran dengan adanya informasi ini, dirinya juga mengakui bahwa baru kali ini dia mendapatkan informasi tersebut, ” kita akan bentuk tim untuk mencari kebenarannya” kata H. Tafdil.  

Bupati Bombana ini juga menambahkan jika informasi ini benar maka akan sangat memiriskan dan berdampak pada penghambatan percepatan pembangunan di desa, bukan itu saja, pekerjaan itu akan tumpang tindih dan model pertanggungjawaban pun akan tidak jelas, H. Tafdil pun mengingatkan dana comdev yang di berikan oleh pihak perusahaan jangan dianggap bahwa ini kesannya bagi bagi uang.  

” dana comdev ini merupakan kompensasi dari pihak perusahaan pada desa, arahnya untuk pembangunan infrastruktur desa” tambahnya.  

Ketua DPD PAN Bombana  juga berjanji,  jika hal yang dikatakan tentang informasi ini benar bahwa ada pekerjaan di kerjakan oleh 3 sumber dana, maka pihak pemerintah daerah akan menyurati pihak pihak yang terkait persoalan ini. ” saya tidak akan membiarkan ini terjadi” ujarnya.

Komentar