DAPAT BANTUAN IRIGASI, BOMBANA SIAP SUKSESKAN KEDAULATAN PANGAN

SHARE:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Rumbia. Bantuan Irigasi persawahan di Kelurahan Lameroro Kecamatan Rumbia sepanjang 4000 Meter memberikan nafas baru bagi petani yang bermukim diwilayah tersebut, pasalnya jika selama ini kebanyakan petani sawah hanya mengandalkan sawah tadah hujan yang berimbas tidak maksimalnya pengolahan sawah selama ini diwilayah tersebut, rencana pembangunan irigasi tersebut yang ditandai peletakan batu pertama oleh Bupati Bombana secara tidak langsung kedepannya peningkatan peroduksi hasil pertanian bisa lebih meningkat. Hal tersebut dikatakan Kepala Dinas Pertanian, Perkebunan, peternakan dan Holtikultura Distanakbukhorti ) Kab. Bombana Asis Fair, S.Sos kala di temui disela Рsela  peletakan batu pertama pembangunan irigasi pagi tadi (20/01).

Menurutnya, patut diakui sejak beberapa tahun terakhir ini produktivitas hasil pertanian masyarakat di bombana terbilang cukup mengalami peningkatan, sehingga dengan terbangunnya Irigasi tersebut melalui bantuan Kementerian Pertanian dirinya merasa yakin hasil persawahan masyarakat akan lebih meningkat dari sebelumnya.

” Bantuan yang di kucurkan Pemerintah Pusat akan turun secara bertahap namun yang pasti panjang atau irigasi tersebut 4000 meter ” Kata Mantan Kadis kependudukan dan Pencatatan Sipil Bombana ini.

Sementara itu, Bupati Bombana H. Tafdil, SE. MM sebelum meletakkan batu pertama pembangunan Irigasi tersebut dalam sambutannya di hadapan Direktur Perbenihan Holtikultura Kementerian Pertanian RI ibu Sri Jayanti Yusuf menyampaikan apreasi dan ucapan terima kasih kepada pemerintah pusat atas perhatiannya terhadap Kabupaten Bombana, sehingga dirinya berjanji akan selalu mendukung dan mensukseskan segala program pemerintah pusat terlebih program kedaulatan pangan yang adalah salah satu program unggulan presiden RI ( Jokowi ) saat ini.

” Kami sangat bersyukur dengan adanya bantuan pembangunan irigasi ini terlebih lagi ibu Direktur sudah bersedia berada di sini selama sebelas hari untuk melihat kondisi daerah kami, karena sangat jarang pejabat sekelas direktur yang berada di kementerian akan berlama-lama di daerah karena kesibukan yang cukup padat ” kata H. Tafdil.

Lanjut, dengan turunnya bantuan irigasi tersebut, Ketua DPD PAN Bombana ini menegaskan kepada pihak terkait agar tidak menyalahgunakan bantuan cuma-cuma tersebut dan perlu di dukung oleh seluruh stackholder khususnya dinas PU yang menangani pengairan, pasalnya walaupun tersier tersebut dibangun jika aliran air tidak lancar maka irigasi yang ada sudah pasti akan sia – sia.

” Saya inginkan bantuan seperti ini jangan pernah disalahgunakan agar bombana menjadi penerima bantuan terbaik di sultra karena hal ini sudah pasti akan mendapat penilaian khusus dari pemerintah pusat ” kata H. Tafdil dengan nada tegas.

Usai meletakkan batu pertama pembangunan irigasi tersebut yang didampingi seluruh pejabat Eselon II pemkab Bombana, Bupati Bombana bersama Direktur Perbenihan Holtikultura Ibu Sri langsung meninjau Salah satu bendung di Desa Langkowala Kecamatan Lantary Jaya dan pembangunan Sumur Bor dangkal di Kecamatan Rarowatu Utara  yang selama ini menjadi sumber air sawah petani di kedua wilayah tersebut.

Komentar