DESA TANGKENO DI DAULAT SEBAGAI DESA WISATA

SHARE:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

KABAENA – Pemerintah Kabupaten Bombana resmi menetapkan desa Tangkeno, Kecamatan Kabaena Tengah, sebagai desa wisata.

Penetapan dilaksanakan oleh Bupati Bombana H Tafdil SE MM yang dihadiri unsur muspida dan sejumlah tokoh adat, se-pulau Kabaena Kamis (15/5) di Desa Tangkeno.

Bupati Bombana dalam sambutannya mengungkapkan, penetapkan Desa Tangkeno sebagai Desa Wisata cukup beralasan.

Sebab Desa Tua di Pulau penghasil nikel ini, mempunyai panorama yang indah dan eksotik. Selain itu masyarakat disekitarnya, menyimpan sejumlah tradisi yang memiliki nilai budaya yang sangat tinggi.

Terletak dipuncak gunung, Desa Tangkeno kata Bupati, memiliki iklim sejuk dan menawan. Apalagi di Desa tersebut, menyimpan beberapa situs sejarah peninggalan kerajaan masa lampau. Satu diantaranya benteng Tuntuntari.

“Desa ini merupakan salah satu pusat peradaban masyarakat Moronene Thukotu’a (nama lain Kabaena). Potensinya budayanya layak untuk dipromosikan,”kata H Tafdil

Penetapan desa ini, lanjut Ketua PAN Bombana ini sudah melewati beberapa analisis dan studi kelayakan terkait pencanangan daerah yang berpotensi sebagai lokasi wisata di Kabupaten Bombana

“Bila Kabupaten lain seperti Wakatobi memiliki taman surga di bawah laut, maka Bombana menyuguhkan surga diatas awan di Desa Tangkeno,” ujarnya sembari mendapat tepuk gempita masyarakat setempat.

Desa Tangkeno memiliki hawa sejuk yang alami, terletak di salah satu lereng gunung yang disebut Batu Sangia. Konon batu digunung ini memiliki nilai mistik bagi sebagian warga yang mengilhaminya.

Tampak dari kejauhan, Desa ini selalu diselimuti kepulan awan tipis. Menghiasi rimbunya sejumlah pepohonan disekitar Desa Tangkeno. Bila pengunjung hendak ke sana, bisa melewati daerah Sikeli Kecamatan Kabaena Barat sebelum menanjak ke Desa Tangkeno. Sementara ke Sikeli melewati kapal laut dari Rumbia Ibukota Kabupaten Bombana.

Pemkab Bombana Kata Tafdil akan menggelontorkan Anggaran 8,5 miliar untuk pembangunan sarana dan prasarana penunjang Tangkeno sebagai desa wisata tersebut.

” Melalui penetapan Desa Tangkeno sebagai desa wisata, pemkab harapkan semoga ini dapat mendorong pembangunan Kabupaten Bombana lewat sektor pariwisata,” Tukas Tafdil

Komentar