DISDUKCAPIL RANCANG PEMBENTUKAN UPTD

SHARE:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

RUMBIA, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil)Kabupaten Bombana mulai merancang pembentukan Kantor Unit Pelaksana Tekhnis Daerah (UPTD).Kepala Disdukcapil Bombana Drs Abdul Aziz mengatakan, pembentukan UPTD ini digagas atas tuntutan pemenuhan pelayanan Kependudukan dan Pencatatan Silil di seluruh wilayah Bombana.

Menurut Abdul Aziz, pembentukan UPTD Disdukcapil, disyaratkan dalam Perda nomor 17 tahun 2011 tentang Perubahan kedua atas Perda nomor 07 tahun 2008 tentang organisasi dan tata kerja perangkat daerah Kabupaten Bombana.

“UPTD ini akan mendekatkan pelayanan masyarakat menyangkut, pencatatan sipil seperti pencatatan akte kelahiran, akte kematian, pencatatan lahir, perkawinan, perceraian, pengakuan anak, serta peristiwa penting lainnya,”sebut Abdul Aziz.

Tidak hanya itu, UPTD juga akan memaksimalkan pelaksanaan program kartu tanda penduduk elektronik (E-KTP). Pria berkumis ini menjelaskan, penyelenggaraan UPTD Disdukcapil, sesuai dengan  Peraturan Pemerintah (PP) nomor 37 tahun 2007 tentang pelaksanaan undang-undang nomor 23 tahun 2006 tentang administrasi kependudukan di Bab tiga Bagian Kedua menyangkut UPTD Disdukcapil.

“Hanya saja UPTD ini, tidak berwenang menerbitkan dokumen-dokumen kepegawaian,”katanya. 

Sekretaris Disdukcapil Awaluddin Madaeng, menambahkan, pembentukan UPTD sangat dibutuhkan mengingat, kondisi geografis Bombana yang luas. Menurutnya, langkah awal pembentukan UPTD dapat diselenggarakan ditiga wilayah yakni di wilayah Kabaena, wilayah Poleang dan Lantarijaya.  

“Ini bisa dibentuk dalam satu kecamatan atau lebih. Artinya, kecamatan yang berdekatan bisa dibuat satu UPTD,”kata Awaluddin.

Namun, pembentukan UPTD ini akan berkonsekwensi anggaran dan SDM (pegawai). Karena kepala UPTD harus dijabat eselon empat.”Ini akan diangkat oleh Bupati,”tukas Awaluddin, seraya menambahkan bahwa Disdukcapil sudah memiliki staf ditiap kecamatan yang dapat dijadikan sebagai embrio pembentukan UPTD.

Written : kasmilahi

Komentar