DISDUKCAPIL SOSIALISASI e-KTP

SHARE:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Rumbia, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil  Drs. Abdul Aziz mengatakan Penerapan Elektronik Kartu Tanda Penduduk ( e – KTP  )  merupakan amanah undang – undang Nomor 23  Tahun 2006 yang terkait administrasi kependudukan sehinga tidak ada alasan lagi bagi seluruh daerah tidak melaksanakan program ini.   Sosialisasi e – KTP merupakan tindaka lanjut dari aplikasi di lapangan dalan melakukan perekaman data, Abd. Aziz menambahkan sampai saat ini Disdukcapil dalam melakukan pendataan ada 2 cara yang diterapkan di masyarakat.

” kami melakukan pemutakhiran secara massal ke kecamatan kecamatan dan mendata secara reguler di dinas kami ” ujar Abdul Aziz.  

Lebih jauh dikatakan mantan kabag perlengkapan ini bahwa keuntungan dari e-KTP ini meminimalisir  KTP ganda yang kerap terjadi selama ini, sebab data yang akan direkam berlaku secara nasional. ” kalau untuk alat, yang lengkap sekarang baru kecamatan Rumbia, sedangkan untuk daerah lain, sesuai surat mendagri kita akan di layani dengan sistem mobile ” ungkap Abdul Asiz.    

Sementara itu, Bupati Bombana H. Tafdil mengatakan bahwa tidak ada alasan bagi daerah yang ada di indonesia khususnys bombana  untuk tidak turut serta mengsukseskan e-KTP, pasalnya menurut H. Tafdil selama ini KTP banyak yang ganda, sehingga  KTP tersebut bisa di gunakan sebagai salah satu tindak kejahatan yang kerap terjadi.

” pekerjaan pendataan ini tidak mudah. mengingat daerah kita sangat berjauhan dengan medannya yang sulit, namun ini merupakan tanggun jawab kita semua, baik itu disdukcapil, camat, lurah dan desa untuk mengsosialisasikan program nasional inike masyarakat ” tegas H. Tafdil.  

Ditutrkan menuturkan oleh Bupati Bombana ini, bahwa dirinya tidak mau lagi melihat ada masyarakat yang sudah wajib KTP tidak memiliki KTP, karena menurut Bupati ke 5 bombana ini, program e- KTP dilakukan secara gratis.  

” ini merupakan momentum bagi masyarakat untuk memiliki KTP  secara gratis, dan perlu di ingat data ini akan direkam secara nasional, ”  Ungkap H. Tafdi .

Sosialisasi e-KTP yang dilaksanakan Disdukcapil Bombana dan di buka dengan resmi Bupati Bombana H. Tafdil hanya di hadiri beberapa kepala dinas diantara Kadis Pariwisata, Kepala BKD, Kepala BPMP&KB, Kepala BLH, Kadis Kesehatan,Kadis Nakertrans, Kadispora,Kadis Pemda,dan sekwan DPRD.

Komentar