DISHUB BOMBANA GENJOT PEMBANGUNAN PELABUHAN PARIA

SHARE:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Rumbia.  Pembangunan Kemaritiman dari wilayah Indonesia Barat hingga ke Timur yang merupakan salah satu fokus pembangunan pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla lima tahun mendatang membangkitkan rasa optimisme kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Bombana Syafiuddin Kube, SH, pasalnya rencana Pemkab Bombana untuk mengembangkan Pelabuhan Paria yang ada di Kecamatan Poleang sebagai salah satu Pelabuhan bertaraf nasional akan lebih untuk di wujudkan.

Kala ditemui di ruang kerja kemarin siang (29/10), Syafiuddin mengatakan pembangunan Pelabuhan Paria yang saat ini telah masuk pada pemetaan lahan bukan hanya bertujuan sebagai pelabuhan rakyat, namun dilain pihak kata mantan Kepala bagian Ortala ini dirinya berharap pelabuhan ini kedepan akan berkembang menjadi pelabuhan nasional.

Bukan tanpa alasan hal tersebut di utarakan Syafiuddin Kube, SH letak geografis Pelabuhan Paria yang berada di persimpangan Teluk Bone dan Selat kabaena serta berhadapan langsung dengan laut banda merupakan salah satu faktor yang sangat mendukung pelabuhan paria sebagai salah satu sentra arus perlintasan manusia dan barang antar wilayah.

“ kami sangat optimis apalagi jika melihat kedalaman pelabuhan paria saat ini , dari bibir pantai yang jaraknya hanya 3 meter kedalamannya sudah mencapai sepuluh depah sedangkan untuk lambung kapal biasanya hanya sekitar kedalaman 3 meter  di bawah permukaan laut “ kata Syafiuddin Kube.

Pria yang kini menakhodai Dinas Perhubungan Bombana ini mengaku saat ini dirinya ditantang oleh pemerintah Pusat untuk mengembangkan Pelabuhan Paria yang merupakan Gagasan Bupati Bombana (H. Tafdil) sehingga dirinya merasa yakin dengan rencana Pemerintahan ( Jokowi-JK ) sekarang lebih mengembangkan Kemaritiman dengan istilah Tol Laut, apa yang menjadi harapan masyarakat bombana untuk memiliki pelabuhan yang bertaraf nasional bisa terwujud.

Untuk saat ini papar Syafiuddin, tahap awal pengembangan Pelabuhan Paria sudah memasuki pemetaan lahan yang akan diperuntukkan bagi pembangunan sarana dan prasarana insfrastruktur, kedepannya jika pemetaan lahan ini sudah selesai dilakukan, maka pihak Dinas Perhubungan Kab. Bombana akan segera membuat grand desainnya.

“ terlebih lagi saat ini Pak Sekda mantan Kadis Perhubungan Prov. Sulttra yang sangat merespon pembangunan pelabuhan ini “ ungkapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *