DISPENDA BOMBANA RANCANG PENYEDIAAN UPTD

SHARE:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

RUMBIA, Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Kabupaten Bombana, sedang merancang penyediaan Unit Pelayanan Tekhnis Daerah (UPTD) yang akan fokus mengelola Pajak Bumi Bangunan (PBB) di Kabupaten Bombana. Hal ini disampaikan Kepala Dispenda Bombana  Man Arfa M. Si di ruang kerjanya beberapa saat lalu (23/4).

Menurut Man Arfa, pengadaan UPTD sebagai struktur baru Dispenda ini bertujuan untuk memudahkan pengelolaan PBB. Mengingat, pada 2014 mendatang, penarikan PBB akan diserahkan pada masing-masing daerah Kabupaten dan Kota. “Tahun depan kita akan persiapkan segala kebutuhan yakni Sumber Daya Manusia, perangkat IT-nya, serta programnya,”kata Man Arfa.

Kebutuhan untuk pengadaan UPTD ini lanjut Man Arfa, harus dilengkapi dengan mobil pelayanan PBB keliling, yang akan dilengkapi dengan fasilitas komputer. Agar pengelolaan PBB di Bombana maksimal. Selain itu, Dispenda saat ini, sedang meneliti sejumlah Perda yang berkaitan dengan pajak dan retribusi.

Man Arfa mengaku, bahwa potensi PAD Bombana cukup banyak, namun belum garap  maksimal.”Kita akan melakukan pengawasan atas penggarapan PAD disetiap SKPD. Dan saya sudah perintahkan para staf untuk memantau dilapangan, seperti diterminal dan pelabuhan,”katanya

Komentar