DPRD BOMBANA AKAN INVESTIGASI LOKASI PT. SUN

SHARE:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Rumbia. Konflik berkepanjangan terkait kepemilikan tanah antara warga dengan PT. Sultra Utama Nikel  ( SUN ) di Kecamatan Rarowatu Utara semakin mencuat sehingga Dewan Perwakilan Rakyat Daerah ( DPRD ) akan melakukan investigasi ke lokasi tersebut, rencana tersebut terkuat usai digelarnya Rapat Dengar Pendapat  antar pihak Perusahaan dengan masyarakat kemarin siang ( 19/01) di gedung DPRD Bombana.

Ketua DPRD Bombana A. Firman, SE yang ditemui usai Rapat dengar pendapat tersebut mengatakan bahwa seharusnya pihak perusahaan dalam hal ini PT. SUN mengakomodir warga setempat untuk bermitra sehingga persoalan ini bisa diselesaikan dengan baik, namun jika hal tersebut masih tidak di sahuti, pihak DPRD akan membuat rekomendasi untuk menghentikan sementara waktu segala jenis kegiatan hingga ada kesepakatan kedua belah pihak.

Politisi muda ini mengakui persoalan antara warga dan perusahaan sudah sejak lama terjadi sehingga hal ini perlu mendapat perhatian ekstra dari berbagai pihak khususnya legislatif, sehingga dirinya berjanji dalam waktu dekat akan akan bersama – sama instansi terkait untuk melakukan investigasi langsung dengan Dinas Pertambangan, BLH  dan BPN  di lokasi PT. SUN.

“ Besok kita akan investigasi dilapangan jika perlu kita akan menyurati pihak aparat keamanan yang menjaga lokasi tersebut agar ditarik dulu sembari menunggu keputusan pihak PT SUN yang akan berkoordinasi dengan pimpinan mereka “ terang Andi Firman.

Konflik yang melibatkan antara Warga dan PT. SUN mencuat kepermukaan setelah adanya laporan warga atas dugaan penyerobotan lahan yang dilakukan perusahaan tersebut, laporan tersebut diperkuat dengan adanya kepemilikan sah masyarakat dengan di buktikan dengan setifikat tanah yang dikeluarkan pihak BPN sedangkan pihak perusahaan enggan mengakui hal tersebut dengan alasan tanah yang diadukan oleh masyarakat merupakan milik perusahaan.

“ kedepannya jika Rapat Dengar Pendapat ( RDP ) dilakukan kami menginginkan agar pimpinan PT. SUN yang hadir langsung sebab selama ini jika RDP dilakukan yang hadir hanya humas dari perusahaan saja “ tegas Andi Firman.

Komentar