DR. ABDI : KAMI SEMENTARA PERSIAPKAN KAJIAN LINGKUNGAN HIDUP STRATEGIS

SHARE:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Rumbia, banyaknya keprihatinan berbagai unsur  terkait tidak jelasnya Rencana Tata Ruang Wilayah ( RTRW ) Bombana selama ini, mulai ditanggapi serius Badan Lingkungan Hidup,Kebersihan Pertamanan dan Pemakaman Kab. Bombana.

Saat ditemui, Kepala Badan Lingkungan Hidup Kebersihan Pertamanan dan Pemakaman Kabupaten Bombana Dr Abdi, mengaku, pihaknya sudah mempersiapkan pelaksanaan Kajian Lingkungan Hidup Strategis ( KLHS ).  

Menurutnya, KLHS akan dilaksanakan oleh akademisi yang profesional di Bidang Lingkungan Hidup, agar hasilnya sesuai harapan semua pihak. “KLHS akan mulai disusun tahun ini, Hasinya diharapkan bisa menjawab kekhawatiran semua pihak. Utamanya menyangkut perspektif lingkungan di Kabaena. Sehingga kita tidak lagi berspekulasi menyoal permasalahan lingkungan hidup,”jelas Abdi.  

KLHS ini lanjut Abdi, akan menjadi rujukan untuk menetapkan kebijakan pembangunan utamanya menjadi input pada penyusunan RTRW Kabupaten. “Nantinya, akan ada warning-warning terkait kebijakan yang berkaitan dengan pertambangan lingkungan hidup,”ujarnya.

Sejatinya tutur Abdi, fungsi pemerintah sebagai aparatur harus menjaga stabilitas 3P (Planet, People dan Profit). Barangkali maksud Dr Abdi, kelestrarian lingkungan, penguatan kehidupan sosial dan keberlanjutan ekonomi, harus terjaga. Jangan sampai ada dominasi satu sama lain yang akan berujung pada ketimpangan.

Komentar