Drs. MAN ARFA : DUDUKI JABATAN HARUS LEWATI UJI KOMPETENSI

SHARE:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Rumbia. Uji Kompetensi yang akan dilakukan Pemkab Bombana pada bulan November mendatang dalam rangka menata birokrasi khususnya jabatan eselon IV tenyata mendapat animo yang cukup besar dari aparatur pemerintah demikian dikatakan Kepala Bidang Pengembangan dan Diklat Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Bombana Dr Arman saat di temui diruang kerjanya baru – baru ini ( 31/10).

Menurutnya, uji kompetensi yang akan dilaksanakan oleh Pemkab Bombana bukan hanya sekedar untuk mengisi jabatan yang masih lowong hingga saat ini,  tetapi hal ini merupakan salah satu upaya pemkab untuk mencari Pegawai Negeri Sipil ( PNS ) yang benar – benar memiliki keahlian di bidangnya khususnya jabatana yang akan di isi.

Namun demikian Dr. Arman mengungkapkan uji kompetensi yang akan diaksanakan ini memiliki standarisasi nilai dari setiap tahapan yang akan dilalui antara lain tes diantaranya ujian tertulis, wawancara dan komptensi.

“ Tim Baperjakat yang akan secara langsung melakukan penilaian, sehingga kedepannya pegawai untuk menduduki jabatan tertentu harus memiliki kompetensi di bidangnya “ terang Dr. Arman,

“ untuk scoring dari ketiga item tersebut persoalan kompetensi  memiliki point yang sangat tinggi penilaiannya “ tambahnya.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian Daerah ( BKD ) Drs. Man Arfa menuturkan uji kompetensi ini merupakan salah satu upaya Pemkab mendapatkan pejabat yang berkualitas, dalam tata kelolah birokrasi sehingga kedepannya bukan hanya Eselon IV yang akan melalui uji komptensi namun jabatan Eselon III dan II akan pula melalui hal yang sama.

“  dalam uji kompetensi ini nantinya kita juga akan memfokuskan pada persoalan peningkatan kinerja semisal penguasaan bidang IT, untuk standarisasinya harus  mahir dalam menggunakan Komputer “ kata Drs. Man Arfa.

Bahkan, mantan Kepala Dinas Pendapatan Daerah Kab. Bombana ini untuk jajaran Eselon II sendiri proses uji komptensinya sendiri akan lebih ketat lagi, pasalnya selain akan di uji langsung oleh tim Baperjakat, Bupati dan Wakil Bupati, pihak Pemkab Bombana sendiri akan melibatkan beberapa pihak ketiga.

“ kami juga akan melibatkan Perguruan Tinggi, bahkan Phisikolog dan LAN pun akan ikut terlibat langsung dalam penilaian eselon II dan III “ papar Man Arfa.

“ kalau pelaksanaannya sendiri kita belum bisa pastikan, kami Sementara ini fokus pada Eselon IV karena waktu pelaksanaannya sudah ssemakin dekat, namun yang pasti cepat atau lambat semua jabatan akan akan di isi otomatis harus melalui Uji Komptensi “ pungkasnya termasuk jabatan yang di embannya saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *