GAPOKTAN HARUS MAMPU TINGKATKAN INTERAKSI USAHA

SHARE:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Rumbia, Kelembagaan Kelompok Tani ( Gapoktan ) tidak hanya diberdayakan melalui pengembangan Sumber Daya Manusia secara individu dan kelompok, namun usaha kemitraan dan pemberdayaan usaha tani melalui jejaring usaha pelu mendapat perhatian serius dari pemerintah. Demikian dikatakan Kepala BP4K Kab. Bombana  Sumpeno, SKM saat ditemui di sela – sela Temu Pengembangan Jejaring Usaha Kelembagaan Petani Gapoktan yang dilaksanakan BP4K  Bombana di Kecamatan Lantari Jaya.  

Sumpeno menjelaskan, kegiatan Temu Pengembangan Jejaring Usaha Petani selain meningkatkan Kapasitas kelembagaan dalam membangun kemitraan dengan pihak lain terkait pengembangan usaha, menurut Sumpeno pihak pemerintah menginginkan agar Gapoktan yang telah mengembangkan kelembagaannya mampu untuk meningkatkan hasil produksinya saat ini apalagi bagi Gapoktan  penerima dana Pengembangan Usaha Agribisnis Pedesaan (PAUP).  

” program ini bukan hanya ditentukan dari komoditi sumber daya pertanian, peran penyuluh juga sangat penting melalui pembinaan kelembagaan ” ujar Sumpeno.  

Lebih lanjut, Mantan Kadis Kesehatan Kab.Bombana ini menuturkan bahwa hasil yang diharapkam pada kegiatan ini selaim untuk meningkatkannya interaksi usaha dan berkembangnya usaha pertanian, kegiatan ini kata sumpeno lebih ingin mengembangkan Agribisnis komoditi unggulan yang dilaksanakan kelembagaan petani berskala ekonomi.  

” kami inginkan pengelolaan usaha pertanian bisa lebih baik lagi, baik mengenai manajemennya maupun sisi terciptanya pola usaha kemitraan yang terarah ” harap Sumpeno.   Kegiatan Temu Pengembangan Jejaring Usaha Kelembagaan Petani (GAPOKTAN) rencananya akan di selenggarakan selama 2 hari 17-18 juli 2012 di ikuti 55 orang yang berasal dari kecamatan Lantary Jaya dan Rarowatu Utara.

Komentar