HOREE...AKN BOMBANA AKAN MANDIRI

SHARE:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
RUMBIA – Akademik Komunitas Negeri (AKN) Bombana akan mandiri. Sebelumnya akademik komunitas ini merupakan binaan Poli Teknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) selama tiga tahun terakhir.

Sekedar diketahui Jumlah mahasiswa AKN Bombana saat ini telah mencapai 262 orang yang ditamatkan sudah 5 orang. Ada tiga Program studi (Prodi) yang dibuka yakni Prodi Akuntansi (D2), Prodi Tekni Kimia Industri (D2) dan Prodi Teknik kendaraan ringan (D1).
Koordinator AKN Bombana, Abdul Rauf Abidin Spd mengatakan, semua syarat untuk menjadi mandiri pihaknya sudah penuhi, hanya ada sebagian kecil yang belum yaitu lagu mars, lagu himne dan bendera pataka.
“Untuk syarat penting lainya kami sudah penuhi. Malah saya sudah persentasekan di Makssar dan didengar langsung pihak Derjen Dikti, serta disaksikan oleh AKN daerah luar Sultra, ” tuturnya.
Kadis Dikpora ini juga menjelaskan, rekomendasi AKN Bombana ini di mandirikan yaitu PNUP. Mereka menilai AKN Bombana sudah baik dan sudah masuk kategori wajar untuk dimandirikan, maka mereka membuat rekomendsi ke Kementerian. Pihaknya hanya menyiapkan persyaratan saja.
“Kami tidak bisa berperan banyak, karena kami dibawa naungan PNUP. Nah, kalau sudah mandiri maka AKN Bombana dibawa naungan kementerian,” jelasnya sambil tersenyum.
Tambah Abdul Rauf, yang akan mengeluarkan Surat Keputusan (SK) kemandirian yaitu Dirjen Dikti, kalau sudah dikeluarkan maka akan dikelola sendiri dan dinaungi langsung oleh Dirjen Dikti.
“Tentu kalau sudah mandiri kami akan adakan penambahan jurusan dan prodi,” pungkasnya.
Sementara itu, ditahun ini Pemda Bombana telah mengalokasikan dana hibah sebesar Rp 1,2 miliar untuk AKN.
Sebelumnya Bupati Bombana, H Tafdil dalam acara halal bilhalal mengatakan, betul AKN ini akan dimandirikan oleh Dirjen Dikti.
“Saya hanya berharap, dalam penambahan jurusan nanti, agar dikorelasikan dengan jurusan yang ada di SMK. Mengapa saya inginkan demikian karena semua lulusan SMK merupakan tenaga yg siap pakai,” kata Bupati.
Komentar