HUSRIFNAH : " KAMI SUDAH LELANG MELALUI LPSE SEJAK 2012 "

SHARE:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Pernyataan  Kepala Biro Layanan Pengadaan Prov. Sultra  dr. Rony Yakub yang menyatakan bombana merupakan salah satu daerah yang tidak melakukan proses barang dan jasa secara transparan membuat Kepala Bagian Pembangunan Setda Bombana Husrifnah Rahim, ST. M. Si tak habis pikir, pasalnya lelang secara terbuka melalui layanan pengadaan secara elektronik ( LPSE ) sudah dilakukan daerah yang mekar dari kabupaten buton 11 tahun silam tersebut.

Husrifnah melalui releasenya menuturkan apa yang diutarakan bahwa bombana hingga kini tidak melakukan proses lelang barang dan jasa sangat tidak relevan dengan fakta saat ini, sebab sejak tahun 2012 lalu lpse yang menjadi sarana proses lelang sudah launcing dan beroperasi.

“ Jadi tidak benar jika di bombana sistem lelang tersebut tidak transparan karena ini sudah menjadi keinginan bupati dalam menata  sistem pengelolaan anggaran termasuk proses lelang barang dan jasa itu harus di buka di publik “ kata Husrifnah.

Alumni IPB ini  malah mempersilahkan kepada siapapun yang ingin mengecek secara langsung proses lelang barang dan jasa di daerah penghasil tambang nikel ini melalui website resmi lpse bombana, dirinya menambahkan bahkan sampai saat ini lpse bombana masih terus melakukan proses lelang yang dapat diakses semua orang.

Lebih lanjut kata husrifnah  sesuai dengan peraturan bupati bombana nomor 4 tahun 2013 tentang pembentukan unit layanan pengadaan barang/jasa pemerintah kabupaten bombana, pada tahun 2013 pemerintah kabupaten bombana juga telah menerapkan 100% e-procurement untuk paket-paket pekerjaan konstruksi, pengadaan barang dan jasa lainnya serta jasa konsultansi. hal ini dimaksudkan untuk menciptakan iklim usaha yang kondusif, persaingan sehat, efisiensi belanja daerah dan mempercepat pelaksanaan penyerapan APBN dan APBD, memperkenalkan aturan, sistem, metode dan prosedur yang lebih sederhana dengan tetap memperhatikan ‘Good Governance’serta memperkenalkan sistem ‘reward dan Punishment’.

“ Terkait dengan jadwal dan tahapan pelelangan di kabupaten bombana, bahwa sejak awal februari 2015 SKPD Lingkup Kabupaten Bombana Dinas, Badan, Kantor, Kecamatan dan Kelurahan telah melakukan penginputan RUP SKPD secara online melalui aplikasi sirup sistem informasi rencana umum pengadaan dan dijadwalkan pertengahan Februari 2015 rampung, sedangkan proses pelelangan akan dijadwaln mulai minggu terakhir bulan Februari 2015 karena ada beberapa kegiatan pekerjaan konstruksi yang terkait dengan proses perencanaan serta untuk kegiatan pengadaan barang dan jasa lainnya dalam tahap persiapan administrasi teknis setelah itu akan masuk tahap pelelangan “ ujar Husrifnah.

“ Silahkan dicek sendiri melalui website resmi kami jika memang kami tidak melakukan lelang ini secara transparan “ tambahnya.

Komentar