JALAN POROS DONGKALA-PONGKALAERO BAKAL DIASPAL 2013

SHARE:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  


Ket. Gambar : Kondisi Jalan Poros Sikeli – Pongkalaero Di Pulau Kabaena Kab. Bombana rusak parah. ( foto : El. Kasmilahi ).

RUMBIA, KE – Pengaspalan Jalan poros Dongkala, Kabaena Timur menuju Pongkalaero, Kabaena Selatan, selalu menjadi harapan masyarakat setempat yang tak kunjung nyata. Namun, Bupati Bombana H Tafdil SE MM menegaskan target pengaspalan jalan kabupaten tersebut, akan direalisasikan pada 2013 mendatang.

“Target Pemda, tahun depan sudah bisa diaspal, jalan poros dari Dongkala ke Sikeli dan dari Sikeli, Kabaena Barat ke Pongkalaero,”kata Tafdil pada Kendari Ekspres, Sabtu (28/4).

Meski kondisi jalan poros yang menghubungkan Timur dan Selatan Kabaena ini masih memprihatinkan dan sebagian besar ruas jalannya tampak rusak parah, namun tahun ini, Tafdil mengungkapkan bahwa Pemkab Bombana akan meminta keterlibatan investor tambang di Kabaena untuk meningkatkan kualitas jalan poros tersebut.

“Kita akan libatkan investor Kabaena agar punya kontribusi terhadap peningkatan infrastuktur publik di Kabaena,”ujarnya.

Ketua PAN Bombana ini mencetuskan bahwa, perbaikan jalan itu akan dilakukan oleh tiap investor. Dan masing-masing Investor akan mendapatkan bagian ruas jalan untuk diperbaiki. Sehingga, tahun mendatang sisa pengaspalan.

“Pengaspalannya akan menjadi tanggungjawab Pemda. Anggaranya melalui dana bagi hasil dari provinsi dan sumbangan pihak ketiga maupun CSR tambang,”ungkapnya.

“Dalam waktu dekat ini, Pemda akan menggelar pertemuan dengan investor tambang di Kabaena bersama Gubernur Sultra, untuk membicarakan keterlibatan pihak swasta dalam pembangunan daerah,”tambahnya.

Written : El. Kasmilahi

Komentar