JALUR JALAN TOBURI – MULAENO MULAI DI ASPAL

SHARE:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Rumbia. Harapan yang selama ini hanya berupa impian masyarakat yang bermukim di wilayah Toburi – Tongkoseng dan Mulaeno untuk menikmati ruas jalan yang beraspal akhir dapat terwujud, bukan tanpa sebab, pasalnya Bupati Bombana H, tafdil, SE. MM yang di damping Kepala Dinas Pekerjaan Umun dan Tata Ruang Kabupaten Bombana Djalaluddin bersama sejumlah pejabat lainnya selasa lalu ( 4/10 ) memantau langsung pengaspalan jalan wilayah tersebut,  bahkan Bupati Bombana berkesempatan memulai penghamparan perdana Aspal Hotmix yang akan di gunakan di jalan penghubung ketiga wilayah itu yang pada awalnya hanya merupakan jalan usaha tani.

Menurut H. tafdil, pengaspalan di daerah tersebut merupakan salah satu prioritas program pembangunan di tahun ini, sebab jalur yang menghubungkan beberapa wilayah Poleang dan pemekarannya tersebut, merupakan jantung akses percepatan pendistribusian hasil – hasil pertanian masyarakat bermukim di wilayah itu.

H. tafdil mengakui, untuk penggaran dari program pengaspalan tersebut tidaklah terlalu besar di bandingkan dengan manfaat yang akan dirasakan oleh masyarakat, bisa di bayangkan kata orang Nomor satu di pemerintahan Bombana saat ini, ketika pengaspalan ini sudah selesai, maka hal itu bukan hanya di rasakan oleh masyarakat setempat yang nota bene mayoritas masyarakatnya banyak menggantungkan penghasilan mereka sebagai petani, namun pengguna jalan lainnya akan merasakan pula manfaatnya sebab akses jalan ini akan memperpendek rute jika masyarakat ingin menuju ke Poleang.

otomatis ketika jalan ini sudah rampung maka secara otomatis pula roda perekonomian masyarakat akan semakin meningkat ditambah lagi ketika orang memiliki urusan yang sangat penting untuk di selesaikan baik dari Rumbia ke Boepinang maupun sebaliknya maka jalan ini menjadi salah satu alternatif untuk memangkas rute yang harus ditempuh dari sebelumnya “ kata H. Tafdil.

Bupati yang dikenal dengan akronim Tamasya ( Tafdil – Masyhura ) ini merinci untuk tahun 2014 alokasi anggaran yang di gunakan secara keseluruhan untuk program tersebut mencapai 20 milyar, dengan item kegiatan sekitar 16 Milyar Rupiah untuk pengaspalan jalan sejauh 8 Kilometer dari 21 Kilo meter yang direncanakan menggunakan aspal Hotmix, sedangkan untuk sisanya digunakan untuk perkerasan jalan dan pembuatan drainase.

“ kalau untuk sisanya 13 kilometernya lagi, insya allah akan terus kita lakukan secara bertahap dengan mengalokasi anggaran di tahun 2015 dan 2016 “ Kata H. Tafdil.

Sementara itu, Kepala Dinas PU dan Tata Ruang Kabupaten Bombana Djalaluddin menuturkan, proyek pengaspalan jalan saat ini murni bersumber dari APBD Kabupaten Bombana tahun 2014, sehingga untuk merampung pengaspalan secara menyeluruh sejauh 21 Kilo Meter pihaknya telah mengusulkan alokasi anggarannya di tahun 2015 nanti.

“ yang pasti program ini harus tetap dilanjutkan bukan hanya program ini menjadi salah satu skala prioritas pemerintah sekarang untuk menggenjot pembangunan infrastruktur dan pemerataan pembangunan di semua wilayah, namun yang terpenting adalah niatan pemerintah yang harus kita dukung secar a bersama – sama dalam rangka meningkatkan kemaslahatan hidup rakyat khususnya peningkatan taraf perekonomian agar lebih sejahtera “ kata Djalaluddin .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *