KADES HARUS KELOLAH DANA DESA SESUAI PROSEDUR

SHARE:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Rumbia. Kapolda Sulawesi Tenggara Brigjen Pol Drs. Agung Sabar Santoso, SH.MH mengingatkan dengan banyaknya anggaran setiap desa melalui APBN Desa, para Kepala Desa yang nota bene sebagai pihak yang bertanggung jawab mengelolah dana tersebut haruslah bekerja sesuai prosedur yang ditentukan sehingga tidak terjerat dalam kasus hukum, pasalnya banyak kejadian bukan hanya menimpa Kepala Desa, namun bahkan seorang Gubernur maupun Bupati banyak terjerat kasus serupa karena dalam pengelolaan anggaran negara ada kesalahan sistem yang tidak sesuai dengan kaidah undang-undang.

” Apalagi dana ini sudah turun, jangan sampai banyak Kades yang dilaporkan melakukan tindak pidana korupsi yang di sebabkan ketidakpahaman Kades sendiri dalam memanfaatkan anggaran desa ini ” kata Brigjen Pol Drs. Agung.

Lebih lanjut, orang nomor satu di Polda Sultra ini menyarankan agar Kepala Desa saat ini agar lebih banyak melibatkan Babinkamtibmas yang di miliki pihak Kepolisian sehingga bisa meminimalisir terjadinya pelanggaran, sebab menurutnya Babinkamtibmas yang merupakan ujung tombak kepolisian sedikit banyaknya bisa memberi penjelasan kepada para Kepala Desa tentang tindakan-tindakan yang bisa terindikasi masuk ranah Korupsi.

” Saya juga akan mengumpulkan Babinkamtibmas untuk mensosialisasi masalah Korupsi ” kata Brigjen Pol Agung.

Dirinya pun berharap agar hal ini menjadi perhatian serius semua pihak sehingga para Kepala Desa tidak salah dalam mengambil kebijakan.” Makanya harus dipahami dulu aturannya sebelum mengelolah dana ini, sehingga kedepannya tidak menimbulkan kerugian negara yang dapat merugikan diri sendiri ” ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *