KESBANGPOL BOMBANA RANCANG FKMD

SHARE:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

RUMBIA, KE – Badan Kesatuan Bangsa Politik dan Perlindungan Masyarkat (Kesbangpol dan Linmas) Kabupaten Bombana, akan membentuk Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM). Hal ini disampaikan Kepala Badan Kesbangpol dan Linmas Mahyuddin SSos, MSi pada Wartawan, Sabtu, (19/5).

Pembentukan FKMD ini, digagas menyusul penemuan 43 imigran gelap di wilayah Kecamatan Mataoleo Kabupaten Bombana belum lama ini.
“Dalam waktu dekat ini, kita akan bentuk FKMD sampai ke level kecamatan,”kata Mashyuddin.

Menurut Mahyuddin, kelembagaan FKMD dibutuhkan untuk melakukan pemantauan dan identifikasi terhadap potensi-potensi kerawanan sosial di semua wilayah kecamatan. Peningkatkatan peran FKMD, akan disinergiskan dengan kinerja Komite terpadu Intelejen daerah (Kominda) Bombana.  
“Khusus untuk wilayah Ibukota Bombana, kita sudah bentuk satgas yang akan melakukan pemantauan titik-titik kerawanan di wilayah Ibukota,”ungkapnya.

Mantan Kepala Inspektorat Bombana ini mengungkapkan, bahwa Kabupaten Bombana merupakan wilayah daratan dan pesisir yang dapat diakses dari berbagai penjuru. Kondisi geografis yang sangat terbuka ini kata Mahyuddin, sangat memungkinkan masuknya Imigran gelap maupun penduduk luar Bombana.

“Apalagi adanya potensi pertambangan Bombana, menjadi daya tarik bagi Imigran maupun penduduk luar untuk masuk Bombana,”ungkapnya.

Untuk meningkatkan solidaritas sosial, Kepala Kesbangpol Bombana ini juga mengaku akan memberdayakan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB).

“FKUB ini sudah ada, dalam waktu dekat ini kita juga merencanakan pertemuan untuk membahas program peningkatan kerukunan umat beragama,”tukasnya.

Written : el-kasmilahi
     

Komentar