KUOTA KURSI LEGISLATIF DAPIL RUMBIA KEMUNGKINAN BERTAMBAH

SHARE:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Rumbia. Perebutan jumlah kursi anggota legislatif kemungkinan akan bertambah di dapil Ibu Kota ( Rumbia ) dibanding pemilihan lalu yang hanya memporsikan 7  kursi di Legislatif,  tapi secara keseluruhan jumlah kursi untuk di DPRD Bombana masih akan tetap seperti empat tahun lalu sebanyak 25 kursi dari semua Daerah Pemilihan yang ada, hal tersebut dikatakan Ketua Komisi pemilihan Umum Daerah Kabupaten Bombana Drs. Alfia saat ditemui diruang kerjanya baru baru ini.  

Drs. Alfian menuturkan potensi bertambahnya jumlah kursi jika melihat pertambahan penduduk saat ini kemungkinan besar akan terjadi di Dapil Ibu Kota ( rumbia ),  pasalnya dari data yang diperoleh saat ini peningkatan jumlah wajib pilih lebih dominan terdapat di dalam ibu kota di banding kedua dapil (Kabaena, poleang ) lainnya, sehingga tidak menutup kemungkinan kuota dalam  ibu kota yang awalnya hanya tujuh, maka kata Alfian kemungkinan besar tahun depan bertambah satu atau dua kursi.  

”  ini baru kemungkinan, pastinya kita masih melihat apakah potensi yang ada, apa bisa bertambah atau tidak ” kata Alfian.  

jika merunut tahun sebelumnya kata Alfian, jumlah kursi di DPRD kabupaten Bombana hanya 25 kursi yang di bagi  dalam 3 daerah pemilihan ( Dapil ) yakni Kabaena 6 Kursi. Rumbia 7 Kursi, dan Dapil Poleang 12 Kursi.  

Namun lanjut Alpian, jika merujuk pada Surat Keputusan KPU Nomor 8/KPTS/KPU/2012 tentang jumlah penduduk provinsi, kabupaten dan kota serta jumlah kursi DPRD provinsi kabupaten dan kota pada pemilu 2014. Maka jumlah penduduk Kabupaten Bombana adalah 152.865 jiwa atau setara dengan 25 Kursi DPRD.  

” kita akan menggelar rapat pleno untuk mengusulkan kuota ke KPU Pusat yang di sesuaikan dengan Jumlah pemilih saat ini ” terangnya.  

“Wilayah Rumbia berpotensi untuk bertambah dua kursi dengan pengurangan kursi pada Dapil Kabaena dan Poleang ” katanya.

Komentar