" LAGI " TAMASYA BUKTIKAN JANJI POLITIK

SHARE:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Ket.Gambar : Bupati Bombana H. Tafdil,SE.,MM menyerahkan secars simbolis Kartu Jaminan Kesehatan Daerah ( Jamkesda ) Gembira pada warga Desa Timbala. ( foto : Hery ).

Satu demi satu janji politik Tamasya nampaknya sudah mulai terealisasi secara menyeluruh, memasuki tahun kedua pemerintahan Tafdil – masyhura memimpin bombana hingga empat tahun kedepan,usai mengucurkan dana program gembira ke 138 Desa dan Kelurahan, melakukan pengaspalan dalam wilayah ibukota, pengerasan jalan lingkar kabaena yang jaraknya tidak tangung tanggung sejauh 64,1 KM hingga pembukaan akses jalan desa di berbagai pelosok desa, kali ini salah satu program yang sudah di nanti oleh masyarakat berupa jaminan kesehatan secara gratis sudah bisa di nikmati.

Bersama Kadis Kesehatan Kab. Bombana serta Kabag Humas dan Protokol Setda Drs. Hasdin Ratta,M.Si dan Kabag Umum Asis Fair, S.Sos,Bupati Bombana H. Tafdil yang hadir dengan menggunakan setelan safari resmi di dampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kab. Bombana Hj. A.Nirwana hari ini (14/3) meresmikan secara perdana penggunaan kartu Jaminan Kesehatan Daerah atau Jamkesda Gembira di Desa Timbala Kecamatan Poleang Barat.

Dalam sambutanya dikatakan, kartu Jamkesda ini merupakan implementasi atau wujud perhatian pemerintah daerah terhadap masyarakat bombana yang selama ini merindukan program yang bisa menyentuh langsung kehidupan mereka,bukan hanya sekedar pemenuhan janji politik, namun menurut H. Tadfil, program Jamkesda merupakan suatu kewajiban yang harus di penuhi pemerintah dalam meberikan pelayanan sebaik mungkin terhadap masyarakat.

” Kami berkomitmen akan memberikan pelayanan kesehatan gratis bagi masyarakat dan hari ini kami buktikan bahwa apa yang kami ucapkan yang tertuang dalam visi misi kami bukan hanya sekedar janji ” kata H. Tafdil dihadapan warga Desa Timbala dan Kepala Desa se Kecamatan Poleang Barat.

H. Tafdil mengurai, Kartu Jamkesda Gembira yang ditujukan bagi masyarakat bombana secara bertahap akan di salurkan ke seluruh lapisan masyarakat khususnya masyarakat yang tingkat pendapatan ekonomi masih terbilang rendah sehingga tidak ada lagi alasan bagi masyarakat untuk tidak mengecek kesehatan mereka,

” Kartu ini berlaku di seluruh wilayah kerja bombana, baik itu di Puskesdes, Pustu, Puskesmas dan Rumah Sakit Umum Daerah Kab. Bombana tanpa di kenai biaya sepeserpun dan dibutuhkan pengawasan secara menyeluruh dari semua pihak agar ini berjalan sesuai yang diharapkan ” tegas H. Tafdil.

” Kita inginkan agar jaminan mutu kesehatan bagi masyarakat, karena pembangunan melalui program Gembira bukan hanya pembangunan inftrastruktur, namun program gembira yang dimaksud adalah pembangunan secara menyeluruh byang diantaranya kesehatan ” tambah H. Tafdil.

Untuk penyaluran Kartu Jamkesda Gembira tersebut, pemerintah daerah akan meluncurkan sekitar 33115 kartu Jamkesda di 22 Kecamatan sesuai data masyarakat yang belum mendapat kartu Jamkesmas, ,sedangkan khusus di Kecamatan Polbar saat launcing pemerintah Daerah akan membagikan sedikitnya 5548 kartu.

Sekedar diketahui, hingga saat ini masyarakat penerima Kartu Jamkesda ini sesuai data yang di peroleh dari Dinas Kesehatan berjumlah sekitar Tiga Puluh Dua Ribu jiwa yang mana yang belum sempat terdata di Jamkesmas sedangkan alokasi anggarannya sekitar Satu Milyar lebih bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Kabupaten Bombana Melalui Dana Alokasi Umum tahun anggaran 2013.

Terpisah, Kadis Kesehatan dr. Sunandar mengatakan Kartu Jamkeda Gembira ini sangat bersingkronisasi dengan kartu Bahteramas, sehingga masyarakat tidak perlu risau karena masing masing program sudah memiliki ruang lingkup penggunaan masing masing.

” Selama masih berada di wilayah bombana maka silahkan gunakan kartu Jamkesda ini, namun jika harus dirujuk yang di gunakan kartu Bahteramas dengan biaya transportasi tetap ditanggung Jamkesda ” kata dr. Sunandar.

Mantan Direktur RSUD bombana ini berharap agar kartu ini dipergunakan sebaik baiknya oleh masyarakat, bukan hanya dalam tatanan di gunakan saat sakit, namun yang terpenting katanya kartu ini bisa digunakan untuk mengecek kesehatan di Puskesdes atau Puskesmas setempat.

Selain meresmikan pengunaan kartu Jamkesda, dikesempatan yang sama pemkab bombana berkerjasama dengan Tim Penggerak PKK Kab. Bombana melakukan Bakti Sosial Sunatan Massal yang di ikuti sekitar 23 orang anak -anak tidak hanya berasal dari Desa Timbala, namun kegiatan tersebut juha di ikuti anak anak dari desa sekitar. ” Sunatan massal hanya bagian terkecil atas wujud kepedulian dan perhatian pemkab bombana dan TP PKK Bombana kepada masyarakat ” kata dr. Sunandar.

Komentar