LOKASI UTAMA MTQ MULAI DI KERJAKAN

SHARE:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Ket. Gambar : Bupati Bombana H. Tafdil bersama Wakil Bupati Bombana Ir. H. Masyhura, Ketua DPRD Kab. Bombana Andhy Ardian, SH,Sekda Bombana Dr. Ir. H. Rustam Supendy, M. Si mencanangkan penimbunan lokasi MTQ di Kecamatan Rumbia. ( Foto : Arif/Ilham ).

Rumbia. Perhelatan Musabaqah Tilawatil Qur’an ke XXV tingkat Provinsi Sultra yang pelaksanaannya dijadwalkan pada tahun 2014 mendatang, membuat Pemkab Bombana mulai melakukan berbagai macam persiapan yang salah satunya menyiapkan lokasi utama iven dua tahunan tersebut yang rencana ditempatkan di sekitar pantai berdekatan dengan pelabuhan kasipute.

Menyikapi hal tersebut, Kemarin siang (19/3) Bupati Bombana H. Tafdil, SE.,MM bersama Wakil Bupati Ir. H. Masyhura, Ketua DPRD Kab. Bombana Andhy Ardian, SH yang di dampingi Sekda Bombana, para Kepala SKPD serta Kabag Humas dan Protokol mulai mencanangkan titik nol pembangunan lokasi utama MTQ yang ditandai dengan di mulainya penimbunan lokasi tersebut.

Menurut H. Tafdil, penimbunan laut yang sejatinya dijadikan area utama TMTQ nantinya hanya merupakan tujuan jangka pendek pemerintah daerah, pasalnya sebagai daerah yang masih menata infrastrukturnya lokasi ini juga nantinya akan dijadikan alun – alun kota, mengingat sejak terbentuk sembilan tahun silam, Kabupaten Bombana belum memiliki alun -alun yang bisa dijadikan sebagai tempat berkumpul dan rekreasi bagi masyarakat di sore hari.

Ketua DPD PAN Bombana ini mengakui, untuk penimbunan lokasi MTQ ini, alokasi anggarannya tidak hanya bersumber Dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah ( APBD ) semata, namun sejumlah infestor tambang yang ada di bombana turut dilibatkan pula merampungkan penimbunan lokasi yang luasnya 5,8 Hektar ini.

” Kita akan bangun Tribun Utama, Talud dan kolam di lokasi ini dengan alokasi anggaran yang telah di sepakati melalui APBD sebesar 10 Milyar ” Kata Tafdil.

Dari Penuturannya ( Bupati ), diketahui sampai saat ini sudah ada tujuh Infestor tambang yang menyatakan kesiapannya terlibat langsung dalam penimbunan lokasi dengan rincian PT. Panca Logam Makmur 42.593 kubik tanah timbunan, PT. Sultra Utama Nikel ( SUN ) 23.008 Kubik, Yobel Pratama Gorup 16.059 Kubik, PT. Dinasti.1985 Kubik, PT. Lamora 22.609 kubik, PT. Tiran 8485 kubik,dan Bahtera Sultra Mining 10.754 Kubik. Sedangkan dari pihak pemerintah daerah sendiri kata orang Nomor satu di Bombana ini selain alokasi anggaran dari APBD 10 milyar. Pihak BPBD Kab. Bombana juga telah menyediakan anggaran 20 Milyar dari APBN untuk penimbunan laut dan pembangunan talud untuk reklamasi pantai.

” Kita menargetkan akhir tahun 2013 ini semua sudah tuntas ” kata HM tafdil.

Saat ini, berbagai faktor penunjang suksesnya pelaksanaan MTQ sudah mulai dikerjakaan diantaranya perampungan pembangunan Masjid Raya. Pengaspalan jalan dalam Ibu kota dan dalam waktu dekat ini jalan poros juga mulai dikerjakan.

Komentar