MASYARAKAT DAN PEMKAB BOMBANA SEPAKAT RUAS JALAN 15 METER

SHARE:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Ket.Gambar : Tampak Bupati Bombana H. Tafdil, SE. MM bersama Ir. Hj. Masyhura Ilah Ladamay di dampingi Asisten IISetda Bombana Ir. H. Selamet Rigay, M. Si, Kadis PU Endang Kilat, Ka. Badan Lingkungan Hidup DR. Abdi, dan Ka. badan Bencana Ir. Kahar saat meninjau pengukuran jalan di Lampopala.

Rumbia, Masyarakat bombana yang berdomisili di jalan poros Yos Sudarso kini bisa bernafas lega, Sempitnya jalan poros Lameroro – kasipute yang merupakan jalan poros ibu kota yang sekian lama dikeluhkan oleh warga mulai menemui titik terang, hal ini terungkap  saat sosialisasi pelebaran jalan poros Yos Sudarso ( tugu Lameroro – Tugu eks Brimob ) yang dihadiri Bupati Bombana  H. Tafdil, SE, MM dengan tokoh masyarakat diantara H. Syahrir, H. baco Pance, Suhar dan masyarakat lainnya di Gedung Dekranasda hari ini (16/3).

“ Dalam kota kita sudah usulkan jangan terlalu banyak membongkar jalanan yang sudah ada, karena kami tidak ingin mengorbankan masyarakat, namun disatu sisi Pemerintah Daerah harapkan agar antara pemerintah dan masyarakat membangun komunikasi yang baik sehingga semua bisa berjalan sesuai yang kita harapkan.“ terang H. Tafdil

Dalam pertemuan tersebut, Pemerintah dan masyarakat menyepakati pelebaran ruas jalan poros yang secara keseluruhan membutuhkan 15 meter kiri kanan jalan, terhitung 7.5 meter dari as jalan, dengan etimasi badan jalan 9,6 Meter, Drainase 1,20 Meter di kiri kanan jalan, dan trotoar 1.5 Meter. Dimana pembangunan dimulai dari Tugu Lameroro sampai Tugu Eks Brimob dengan jumlah jarak 4.850 Meter, sedangkan dari jembatan toko Hasni Jaya sampai Tugu eks Brimob, pemerintah akan  mengupayakan trotoar dengan pertimbangan aspek lingkungan, dan proses pengaspalan  pada bulan enam nantinya setelah tender dilaksanakan.

“ tolong kesepakatan ini disampaikan serta disosialisasikan kepada masyarakat yang tidak sempat hadir pada saat ini, karena kesepakatan ini sangat penting buat kemajuan daerah kita dan masyarakat, karena dalam waktu dekat ini konsultannya akan turun dan Pengaspalan akan kita bangun kualitasnya akan kami  samakan dengan aspal yang ada di PPA“ Ujar H. Tafdil.

Ditambahkan pula, Ketua DPD PAN Bombana ini mengatakan Pelebaran jalan ini sangat penting, karena bombana mau menuju ke kota yang lebih baik, mengingat bombana memiliki potensi Sumber Daya Alam yang melimpah,“ bukan hanya perluasan jalan pada tahun ini kita laksanakan, namun kami juga sudah rencanakan membangun ruang publik, antaranya ingin membuat Lapangan Futsal, tenda wisata kuliner yang seragam di pesisir pantai supaya ibu kota ini tidak sumpek dan sunyi, rencananya 2012 kita akan bangun tempatnya di Pinggir laut  dekat gedung ( Dekranasda) dengan alokasi anggaran 2 milyar ” ujarnya

Salah seorang Tokoh masyarakat Suhar menegaskan bahwa pemerintah jangan lagi mengulur pembangunan pelebaran jalan ini,” ini bukan pertama kali disepakati jalan akan dibangun dengan lebar 15 meter, namun dari pemerintah terdahulu tidak pernah ada kesimpulan kapan pelaksanaannya, makanya kami masyarakat meminta jangan lagi lewat tahun 2012 pembangunannya jalan ini.” Tegas Suhar.

Ditempat yang sama, Kadis PU kab. Bombana Endang Kilat menegaskan bahwa anggaran perluasan jalan ini bersumber dari APBD Provinsi Sultra, “ Perluasan jalan ini dananya bersumber dari Pemerintah Provinsi dengan estimasi biaya secara keselurahan berjumlah 4 Miyar Rupiah “ ujar Endang.

Komentar