MEMASUKI SUASANA RAMADHAN, JADWAL JAM KERJA KANTOR DIKURANGI

SHARE:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Ket. Gambar : salah satu sudut ruangan dikantor Sekretariat Daerah, Nampak para Pegawai melakukan aktivitas.

Rumbia. Beragam cara yang dilakukan umat muslim memperingati bulan Suci Ramadhan yang jadwal penetapannya hingga hari ini masih menunggu pengumuman resmi dari pihak kementerian Agama termasuk salah satunya perubahan jadwal jadwal rutinitas perkantoran pemerintah yang biasa melakukan perubahan jam kerja selama sebulan penuh untuk menghormati hari yang paling di sucikan oleh umat muslim sedunia. Tak terkecuali di Kabupaten Bombana, seperti tahun – Tahun sebelumnya pihak pemerintah Kabupaten sudah melakukan antipasi hal tersebut dengan terbitnya Surat Edaran yang ditanda tangani Sekretaris Daerah Kab. Bombana.

Hal tersebut disampaikan langsung Kabag Humas dan Protokol Seta Bombana Drs. Hasdin Ratta, M.Si saat di temui diruang kerjanya baru- baru ini ( 8/7).

Menurutnya, pengurangan jadwal jam kerja bagi Pegawai Negeri Sipil merupakan salah satu bentuk penghargaan bagi umat muslim yang melaksanakan ibadah puasa agar lebih banyak beribadah di bulan yang penuh berkah ini, lagi pula hal itu sudah dilakukan bukan hanya tahun ini, namun tahun sebelumnya hal yang sama sudah di berlakukan.

” Pemerintah hanya ingin agar para pegawai lebih fokus dan berkonsentrasi melaksanakan ibadah puasa, hal ini juga sudah disesuaikan dengan surat edaran yang diterbitkan pihak Kemenpan RI ” kata Hasdin Ratta.

Dirinya merincikan, untuk aktivitas perkantoran jika biasanya hari senin sampai Kamis jadwal aktivitas bekerja Pegawai Negeri Sipil maupun Tenaga Honorer yang bekerja di lingkup Pemkab Bombana di mulai pada pukul 07.30 Wita dan berakhir pukul 14.00 Wita, untuk sebulan ini. Dalam rangka melaksanakan hari yang paling di sucikan bagi umat muslim mengalami perubahan dimulai pada pukul 08.00 Wita dan jam pulang pada Pukul 13.30 Wita, Sedangkan untuk hari Jumat yang jam kerjanya yang lebih singkat dari hari – hari lainnya hanya jam dimulainya aktivitas kerja agak di mundurkan yakni pukul 08.00 Wita.

” Kalau hari sabtu dimulai jam 08.00 sampai pukul 12.30 Wita ” kata alumni STPDN ini.

Dia ( Hasdin ) menambahkan, perubahan jadwal jam kerja tersebut hanya berlaku selama bulan Suci Ramadhan saja dan akan kembali normal seperti hari biasanya setelah bulan Ramadhan.

” Kita hanya ingin agar seluruh pegawai bisa menjalankan ibadah dengan sungguh – sungguh dan bagi saudara yang non muslim dan yang sedang tidak berpuasa karena alasan tertentu agar selalu menghargai saudara – saudara kita yang menjalankan ibadah puasa ” tegasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *