METODE DEMFRAM PADI MULAI DI TERAPKAN

SHARE:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Rumbia, Pada tahun 2012 ini, melalui kementerian pertanian pusat, Pemerintah Daerah Kabupaten Bombana melalui BP4K mendapatkan alokasi bantuan APBN berupa lahan 17 ha  yang tersebar di 4 kecamatan yang ada  di bombana.

Kepala BP4K Kabupaten Bombana Sumpeno, S,KM mengatakan bantuan tersebut merupakan Strategi untuk Kementerian Pertanian untuk terus meningkatkan produktivitas masyarakat, pasalnya untuk tahun 2014 mendatang, pihak kementerian menargetkan pencapaian 10 juta  ton.  

” Perluasan area  dan optimasi lahan di bombana turut menjadi perhatian dari pihak kementerian ” kata Sumpeno

Untuk mencapai target tersebut kata Sumpeno, metode yang di lakukan kementerian Pertanian yakni Demfarm padi, yang mana mamenurut mantan  Kadis kesehatan Kab. Bombana  ini  menjelaskan Demfarm padi merupakan salah satu metode penyuluhan di lapangan untuk memperlihatkan secara nyata cara dan hasil  penerapan suatu inovasi tekhnologi padi yang telah teruji dan menguntungkan bagi petani yang dilaksanakan oleh Kelompok Tani/Poktan.

”  Metode Demfarm padi sebagai sarana pembelajaran bagi petani  untuk Mempercepat proses desiminasi tekhnologi padi terang Sumpeno.  

Dari informasi  yang berhasil di himpun, untuk tahun 2012 ini ke empat kecamatan yang memperoleh bantuan lahan 17 ha  melalui bantuan APBN, yakni kecamatan Rumbia, Lantary Jaya, Rarowatu Dan poleang Utara.  

” secara  keseluruhan ada 12 desa  di empat kecamatan tersebut untuk memperoleh bantuan lahan, yang masing masing lahan yang mereka peroleh 1,5 ha ” jelas Sumpeno

Komentar