NEGARA LUAR TERPIKAT BUDAYA ASLI BOMBANA

SHARE:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Rumbia, Potensi Kebudayaan dan Pariwisata yang ada di Kabupaten Bombana berhasil diperkenalkan hingga ke Dunia Internasional.  Salah satunya  di negara Amerika Serikat. Pengenalan potensi Budaya dan Pariwisata Bombana di Amerika Serikat, pertama kali di bawakan oleh Rezki Handarta, Mahasiswa jurusan Bahasa Inggris, di Universitas Haluoleo Kendari.  

Melalui program studi IELSP (Indonesia English Linguid Study Program) Rezki Hendrta berhasil membawa kebudayaan ciri khas Moronene di Amerika Serikat hingga ke negara – negara tetangga lainnya. ” Ini program study khusus melalui Beasiswa dari Kedutaan Besar Amerika Serikat. Kami membawa misi kebudayaan dan pendidikan disana.  Hasilnya, selama Dua bulan di Amerika Kebudayaan Bombana cukup diterima oleh masyarakat Amerika,” kata Rezki Hendarta.Usai melaporkan Hasil Studynya kepada Bupati Bombana, H Tafdil SE MM, senin (2/7) di Rumbia.

Menurut Reski, sebelum Ia memulai study-nya di Amerika Serikat,  dirinya sempat bertemu dengan Bupati Bombana H Tafdil. Dimana, H Tafdil sangat merespon jika Kebudayaan di Bombana diperkenalkan hingga ke Dunia internasional”Sebelum saya berangkat ke Amerika, saya ketemu Bupati Bombana H Tafdil, waktu itu beliau sangat merespon saya untuk membawakan materi kebudayaan bombana di Amerika. Sebenarnya Kampus menginginkan agar saya membawa materi Budaya Sultra keseluruhan, Tapi karena Bupati mendukung saya untuk membawa budaya Bombana sehingga saya terfokus pada study Budaya ini. Sekarang saya datang melaporkan hasil study saya kepada bupati,” imbuh Rezki. 

Mahasiswa semester Delapan Bahasa Inggris ini menjelaskan, program study yang Ia selesaikan di Amerika baru – baru ini,  orientasinya adalah upaya dari pemerintah dalam menjalin persahabatan antara negara Amerika dan Indoseia melalui misi kebudyaan dan pendidikan” Karena saya Asli Kabaena, sehingga materi kebudayaan yang saya bawakan itu berasal dari Bombana. mulai dari Makanan pokok, Baju Adat pariwisata, cindera mata, dan kesenian ciri khas Bombana dipersentasikan disana. Ada Dua puluh kebudayaan yang dibawa disana. Semua sangat memikat perhatian masyarakat Amerika. Ternyata orang Amerika itu senang melihat dan mencermati budaya indonesia dibanding negara lain. ” ungkapnya. 

Sementara, Bupati Bombana H Tafdil, SE MM saat menerima laporan study Rezki Hendarta mengaku, sangat mengapresiasi semangat dan upaya yang telah ditunjukan Rezki. Bupati menyarankan agar apa yang telah diperoleh Rezki selama di Amerika dapat di implementasikan hasilnya untuk kepentingan Daerah, utamanya  bagi masyarakat Bombana. 

“Mari kita saling berbagi pengalaman,  saling berbagi ilmu. Apa yang diperoleh disana semoga dapat diterapkan di daerah kita ini,” kata H. Tafdil, yang didampingi Kabag Humas, Hasdin Ratta, disaksikan oleh Orang Tua Rezki Hendarta.

“Saya mau Bombana ini dipublikasi ke luar Negeri baik melalui Dunia maya maupun dalam bentuk kerjasama Budaya dan Pariwisata. apalagi rencananya tahun depan Tangkeno akan kita jadikan Desa Wisata, Untuk itu, sebagai anak muda harus banyak menelorkan inisiatif, manfaatkanlah jaringan yang sudah terbangun,” tambah H. Tafdil

Komentar