OPERATOR E-KTP BOMBANA IKUT BIMTEK

SHARE:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Rumbia, Dalam rangka mengsukseskan Program Nasional E-KTP, Consorsium yang diberi kepercayaan oleh dirjen kependudukan dan catatan sipil mulai hari ini akan melakukan Bimbingan Tekhnis Operator pembuatan Kartu Tanda Penduduk Elektronik ( E-KTP ) di kabupaten bombana yang pelaksanaannya direncanakan berlangsung selama dua hari (8-9)ini di Rumbia.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kab. Bombana Drs. Abdul Asiz mengatakan pasca dari pendampingan yang dilaksanakan hari ini, maka dinasnya akan bertanggung jawab penuh terkait pelaksanaan E-KTP  di bombana.

” kami sementara masih melakukan pendataan, jika semua prasana sudah siap, maka Disdukcapil yang akan bertanggung jawab penuh terkait pelaksanaannya” ujar Drs. Asiz.  

Di akui pula mantan Kabag Perlengkapan Setda Bombana, bahwa dalam waktu dekat ini, dirinya akan melakukan koordinasi dengan pihak pusat terkait keterlambatan alat yang sedianya merupakan faktor penunjang dari pelaksanaan program nasional ini, pasalnya, kata Drs. Abdul Asiz hingga kini sarana peralatan yang diturunkan belum secara keseluruhan diterima oleh Disdukcapil. namun dirinya juga mengungkapkan bahwa sebenarnya bukan hanya bombana saja yang mengalami keterlambatan, tapi untuk wilayah sultra sendiri, kabupaten lain juga merasakan hal yang sama.  

“untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan mempercepat proses dari E-KTP ini haruslah ditunjang dengan kesempurnaan alat, apa yang bisa di kerjakan jika alat itu hanya sebagian saja di turunkan, tapi yang harus di pahami kerjasama dan kesepahaman semua pihak mengsukseskan kegiatan ini haruslah selalu terbina dengan baik” kata Abdul Asiz.  

Abdul Asiz juga berpesan kepada peserta yang mengikuti pelatihan bimbingan tekhnis yang berada di wilayah rumbia, agar mengikuti kegiatan ini dengan seksama, sebab jika alat sudah turun, kata abdul asis yang di perlukan sisa sumber daya manusia yang siap pakai sehingga tidak terjadi lagi treable dalam pelaksanaannya.  

Sementara itu, Asisten I Setda Bombana H. Muh. Suyuti yang membuka kegiatan pelatihan tersebut menuturkan bahwa persoalan E-KTP ini adalah program nasional yang harus di sukseskan, sebab  E-KTP ini bukan hanya berfungsi sebagai identitas diri bagi tiap individu,  hal yang terpenting untuk di sadari bahwa program ini juga bisa digunakan sebagai data base kependudukan negara.  

” pihak pemerintah daerah mengharapkan kepada seluruh masyarakat untuk ikut berperan aktif dalam mengsukseskan agenda nasional ini”kata H. Muh. Suyuti

Ditegaskan pula mantan Sekretaris PU bombana ini, bahwa kepada seluruh peserta yang telah ditunjuk selaku operator E- KTP di bombana, dalam mengikuti bimtek yang diselenggarakan consorsium PNRI untuk tidak bermain – main dalam mengikuti kegiatan ini.

” saya harap kepada seluruh peserta yang mengikuti bimtek ini untuk bersungguh sungguh,  agar dalam proses pembuatan KTP elektronik nantinya tidak terjadi kesalahan yang disebabkan human error dari tim yang telah ditunjuk selaku operator nantinya” tambahnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *