PAD SEMESTER AKHIR 2012 KAB. BOMBANA ALAMI PENINGKATAN TARGET

SHARE:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Rumbia, Mencermati perkembangan realisasi PAD Kab. Bombana  pada semester pertama  tahun 2012, maka kebijakan pergeseran Pendapatan Asli Daerah untuk semester akhir tahun ini, perubahan target hasil pajak daerah mengalami pergeseran dri satu milyar seratus tujuh puluh empat juta, menjadi satu milyar tujuh ratus juta lebih, atau mengalamo peningkatan 52,20%. Demikian di katakan Sekda Bombana Dr. Ir.H. Rustam Supendy, M. Si saat membacakan Pidato Bupati terkait pengantar Rancangan Kebijakan Umum Perubahan APBD ( KUA-APBD-P), kemarin siang di sidang paripurna DPRD Kab. Bombana.  

Peningkatan tersebut kata H. Rustam tidak lepas dari perubahan peningkatan target komponen pajak penerangan jalan dan peningkatan target pada pengenaan pajak air tanah.    

” Hal ini merupakan salah satu bentuk untuk memacu pembangunan di bombana ” kata H. Rustam Supendy.  

Alumnus Doktoral Universital Brawijaya malang ini menambahkan dalam rangka mempertimbangkan pencapaian target dan prioritas pembangunan, Dr. Ir. H. Rustam Supendy menegaskan di bombana terjadi pergeseran pagu anggaran belanja, baik itu peningkatan dan penyediaan infrastruktur dasar dan peningkatan kapasitas kelembagaan utamnya di bidang perencanaan.  

” untuk mecapai target, bidang keuangan dan pengawasan yang di fokuskan pada penembangan SDM serts penguatan sistem administrasi serta piranti pendukungnya” tegas H. Rustam  

Sehingga menurut H. Rustam kebijakan tersebut akan berimplikasi  pada perubahan APBD tahun 2012 ini, namun menurut mantan asisten III setda bombana ini menuturkan akibat dari pergeseran belanja tersebut, maka diperlukan kebijakan pembiayaan untuk menutup defisit anggaran yang di sebabkan oleh selisih kurang antara pendapatan dan belanja.

Komentar