PEDAGANG PASAR SORE HARI INI DITERTIBKAN

SHARE:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Rumbia, Munculnya kegelisahan  dan ketidakpuasan para pedagang yang terhimpun dalam  Asosiasi pedagang Pasar Sentral Bombana terkaitnya adanya aktivitas pasar yang dilakukan sore hari oleh sekelompok pedagang di bilangan Kelurahan Lauru, membuat para pedagang yang tergabung di asosiasi geram dan mengancam akan melakukan aksi demo jika aktivitas tersebut tidak segera dihentikan.  

Kasatpol PP Kab. Bombana Zunaidi, S.Pd yang ditemui saat penertiban pedagang tersebut, mengatakan bahwa dirinya dan instansinya sudah berulang kali memperingati para pedagang di pasar sore tersebut, bahkan Kata  Zunaidi, Pihaknya juga sudah pernah bertindak tegas dengan membongkar lapak para pedagang, namun sambungnya, sekarang ini pedagang yang dulu berjualan di pingir jalan, malah masuk di halaman rumah penduduk  dengan membuat pagar.    

” saya betul – betul bingung ” kata Zainuddin.  

Pengganti Kasman memimpin Penegak Perda Bombana ini pun mengungkapkan bahwa sudah segala macam bentuk pendekatan yang dilakukan terhadap para pedagang di pasar sore untuk menghentikan aktivitas tersebut, menurutnya para tokoh masyarakat juga sudah pernah dilibatkan, sampai membongkar lapak mereka juga dilakukan dan berjaga beberapa minggu, tapi kata Zunaidi hal itu membuat para pedagang kapok,

” kali ini kami hanya himbau, jika besok ( hari ini, red) mereka masih berdagang, kami hanya menjalankan aturan untuk menghentikan paksa aktivitas disana karena toleransi sudah sering juga kami berikan” ujar Zunaidi    

Sementara di tempat terpisah, Kepala Dinas Perindagkop Kab. Bombana H. Nuhung mengungkapkan untuk di pasar sentral bombana dinasnya sudah menyiapkan tempar atau los pasar bagi para pedagang yang selama ini masih menjual di sekitar pasar tradisional sore yang ada di Lauru, menurutnya tempat tersebut memang sudah diperuntukkan dengan tidak membebani pedagang yang ingin melakukan transaksi jual beli di pasar tersebut.  

” kami sudah menyiapkan tempat, dan aera los yang ada cukup untuk menampung pedagang tersebut,” terang H. Nuhung.  

Pria berkumis ini juga merasa kebingungan melihat tingkah para pedagang yang ada di pasar sore, pasalnya bukan kali ini saja para pedagang yang ada di sana diperingatkan bahkan pihak terkait ( Satpol PP ) sudah pernah membongkar paksa lapak dagangan untuk menghentikan aktivitas yang ada di pasar sore. namun kata H. Nuhung para pedagang hanya berhenti sementara. padahal di pasar sore dinasnya sudah mengatur los bagi pedagang yang ingin berjualan.

” inikan tanggung jawab dan perlu mendapat perhatian kita semua ” tambahnya  

H. Nuhung pun berharap setelah diberi penjelasan dan peringatan kali ini, para pedagang ingin menyadari dan segera memindahkan dagangan mereka di pasar sentral, dirinya pun menjamin  bahwa tidak ada pungutan selain retribusi yang di bebankan kepada para pedagang, retribusi itu pun harus sesuai perda yang berlaku.  jika ada oknum dari dinasnya coba melakukan pungli kepada para pedagang, dirinya meminta agar hal tersebut segera dilaporkan. ” saya akan tindak tegas dan tidak pandang bulu ” Kata H. Nuhung.

Komentar