PEMKAB ALOKASIKAN SUBSIDI BUNGA BANK PELAKU UKM

SHARE:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Rumbia. Para pelaku Usaha kecil Menengah (UKM ) di Bombana kini sudah bisa bernafas lega, jika selama ini bunga bank yang seolah dianggap masih terlalu tinggi oleh sebagian pelaku UKM, dengan ditandatanganinya Momerandum of Understanding ( MoU) Bantuan Subsidi Bunga terhadap UKM antara pemerintah Daerah Kabupaten Bombana dengan Bank Bahteramas Bombana di Kantor Sekretariat Daerah baru – baru ini (6/4).

Bupati Bombana H. Tafdil, SE. MM yang ditemui usai penandatanganan tersebut menuturkan bahwa pemberian subsidi bunga bank sebesar 10 persen ini secara ekonomis memiliki nilai yang sangat penting bagi pelaku UKM di  Bombana, karena selain mempermudah masyarakat dalam mengelolah usahanya dengan bantuan modal dengan suku bunga yang ringan,  dampak lain yang dapat dirasakan kata Ketua DPD PAN Bombana ini yakni pertumbuhan ekonomi akan semakin pesat dengan perhitungan kemajuan fiskal di daerah.

“ Hanya perlu dicatat bantuan ini sifatnya  subsidi bunga ini sifatnya produktif bukan sifatnya subsidi komsumtif “ kata H. Tafdil.

Bupati Bombana mengakui, peran UKM dalam pertumbuhan ekonomi di Bombana memang merupakan sentral perekonomian, namun kurangnya kebijakan yang mendukung keberadaan UKM ini khususnya dalam pengambilan kredit perbankan untuk penggembangan usaha Kecil Menengah membuat Pemkab Bombana mengeluarkan kebijakan subsidi tersebut.

“ kita sudah siapkan melalui APBD tahun ini sebesar 500 juta dengan hitungan 10 persen dengan bank yang memang bersedia menandatangani kontrak kerjasama “ terang H. Tafdil.

Ditempat terpisah, Kepala Bagian Pembangunan Setda Bombana Husrifnah Rahim mengurai pemberian subsidi yang berbasis di UKM ini akan sangat membantu masyarakat yang ingin mengembangkan usahanya, pasalnya menurut alumnus IPB   ini apa yang dikatakan bupati bombaa terkait tingginya suku bunga yang menyebabkan masyarakat enggan untuk berurusan dengan pihak perbankan.

“  pada prinsipnya bahwa pemberian bantuan subsidi untuk UKM ini akan sangat membantu masyarakat kecil khususnya yang memiliki usaha kecil “ papar Husrifnah

Selain menandatangani MoU dengan pihak Bank Perkreditan Bahteramas Bombana yang di wakili langsung Direktur BPR Bombana Munawwir, Bupati Bombana H. Tafdil yang di dampingi Wakil Bupati Bombana Hj. Masyhura, Ketua DPRD Bombana A. Firman dan Sekda Bombana H. Burhanuddin juga menandatangani MoU dengan pihak Telkomsel kendari dalam rangka SMS Broadcast kegiatan Pemkab Bombana.

“ kita akan menyalurkan informasi terkait seluruh kegiatan Pemerintah Daerah melalui layanan sms ini sehingga kita tidak perlu repot lagi melakukan sosialisasi yang setiap kegiatannya bisa mengeluarkan biaya yang tidak sedikit “ kata H. Tafdil.

Komentar