PEMDA TUNGGU HASIL TINJAUAN PIT

SHARE:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

RUMBIA, KE – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bombana, masih menunggu hasil tinjauan Petugas Inspektur Tambang (PIT) yang akan diturunkan ke Lokasi PT Trias Jaya Agung di Kabaena dalam waktu dekat ini. Hal ini disampaikan Bupati Bombana H Tafdil SE MM di ruang kerjanya, Sabtu (28/4).

Menurut Bupati, PIT yang akan diturunkan dari Provinsi ini, akan memeriksa semua kelayakan tekhnis maupun administrasi PT Trias di Kabaena.

“Kita tunggu saja hasil kunjungan PIT. Kerena mereka yang lebih tahu dan punya kewenangan melakukan evaluasi terhadap tekhnis penambangan dilapangan,”kata Tafdil seraya mengungkapkan bahwa dirinya sudah menerima laporan sejumlah SKPD berdasarkan hasil pantauannya dilokasi PT Trias, belum lama ini.

“Pantauan SKPD pada dasarnya sudah dilakukan, namun akan difinalisasi setelah ada hasil tinjauan PIT. Agar dapat diketahui apakah ada pelanggaran dilapangan atau tidak,”kata Tafdil.

Menyinggung sengketa lahan konsesi antara PT Trias dengan PT International Mining Jaya (IMJ). Karena jalan houling dan lahan stockfile PT Trias melintasi konsesi IMJ, Bupati menilainya sebagai urusan internal dua perusahaan yang tidak perlu dicapuri oleh Pemda.

“Pemda hanya mengarahkan dan melakukan ┬ámediasi agar persoalan dua perusahaan itu bisa diselesaikan oleh mereka sendiri. Karena ini menyangkut kepentingan dua perusahaan itu,”katanya

“Kalaupun ada yang merasa rugi, kan ada ranah hukum. Jangankan investor, orang saja kalau tidak nyaman dengan tetangga bisa dilapor ke aparat hukum, karena itu hak masing-masing,”sambungnya.

Namun demikian, Tafdil berharap persoalan dua investor tersebut  dapat diselesaikan secara bijak.

Komentar