PEMKAB BERKOMITMEN MENATA PEMBANGUNAN DI KABAENA

SHARE:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Kabaena, Pulau Kabaena yang terdiri dari 6 kecamatan dan 38 desa ditahun 2012 mendapat suntikan dana segar untuk pembangunan disegala sektor sebesar 40 milyar Rupiah, yang diperoleh dari akumulasi anggaran baik itu dari APBD, APBN, Program Gembira dan Program Bahteramas yang merupakan program gubernur Sultra, Hal tersebut dikatakan Bupati Bombana H. Tafdil dihadapan ratusan masyarakat saat membuka musyawarah Lembaga Adat Moronene  Tokotu’a di Desa Tangkeno Kecamatan Kabaena Tengah.  

Bupati ke 5 bombana ini mengatakan salah satu komitmen Pemerintah Daerah yang sedang berjalan sekarang ini yakni Program Gembira Desa yang mana alokasi anggaran untuk 38 desa dan kelurahan di Pulau Kabaena sebeasar 350 juta sebagian dananya sudah diberikan dengan total anggaran keseluruhan untuk desa 13,5 milyar dan untuk kecamatan 6 milyar, pasalnya menurut  H. Tafdil dana tersebut akan diturunkan secara bertahap hingga akhir 2012 tahun ini.  

” untuk biaya operasional sudah diterima masing masing kepala desa dan lurah, dan dalam waktu dekat ini sisa alokasi anggarannya akan di kucurkan kembali setelah pembahasan APBD – Desa rampung di bahas oleh pihak DPRD ” Ujar H. Tafdil.  

” memang sejak awal banyak kalangan meragukan komitmen kami, namun alhamdulillah semua sudah terjawab, dan ini akan berlanjut terus hingga 2016 nanti ” tambahnya.  

Selain itu, kata H. Tafdil bahwa melalui APBD pula, kabaena mendapat alokasi anggaran sebesar 10 milyar yang peruntukannya untuk pembagunan infrastruktur, baik itu disektor kesehatan, pendidikan, dan kelautan.   bahkan Kata H. Tafdil sekarang ini masyarakat Kabaena sudah bisa langsung ke sulsel dengan menggunakan Kapal fery yang sudah di subsidi oleh pemerintah daerah sebanyak 400 juta sampai akhir 2012 nantinya.

Dikatakan pula, perhatian pihak pemerintah provinsi tidak kalah pentingnya, bahkan bukan hanya melalui anggaran block grand saja, gubernur sultra juga sudah menyetujui tambahan anggatan sebesar 4 milyar untuk tambahan biaya pengaspalan dijalan lingkar kabaena yang saat ini tahap pengerasan jalannya masih sementara berlangsung dan dikerjakan oleh perusahaan yang ada di kabaena.  

” jika dikalkulasi anggaran untuk pengerasan jalan bisa mencapai 30 milyar, namun semua itu teratasi oleh kerjasama pihak perusahaan dengan mengerjakan jalan tersebut, pihak pemerintah sisa mengaspal dan anggarannya sudah kami sediakan ” pungkas Tafdil.  

Bupati Bombana yang pernah menjadi konsultan ini berharap agar masyarakat kanaens bisa lenih bersabar, karena menurutnya pembangunan akan dilaksanakan tidak terpusat pada sati tempat namun terbagi di beberapa titik, apalagi kata H. Tafdil pemerintah yang sedang berjalan  di masa pemerintahannya masih sangatlah mudah.  

” kami baru 10 bulan menjabat, kami meminta kepada seluruh masyarakat untuk memberikan kesempatan kepada kami untuk menunaikan tugas kami dan insya allah kami akan memenuhi janji kami, tapi tidak bisa juga kita pungkiri selama pemerintahan ini telah ada perubahan yang bisa dirasakan oleh masyarakat ” ujar H. Tafdil.  

Perlu diketahui pula melalui APBN, pulau pemghasil nikel ini juga pada tahun ini akan mendapat bantuan dari pusat melalui dana Dekonsentrasi sebesar 3 milyar dan 1 milyar untuk transmigrasi di lebota. ” ini merupakan kerja keras dan usaha pihak pemkab bombana dan gubernur sebagai wujud komitmen beliau membangun daerah kita ” kata Tafdil.    

Komentar