PEMKAB BOMBANA LIRIK DESA HUKAEA LAMA DAN TANGKENO SEBAGAI DESA WISATA

SHARE:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Rumbia. Pemerintah Kabupaten Bombana yang rencana akan mengembangkan dua desa yakni Desa Tangkeno di Pulau Kabaena dan Desa Hukaea Lama untuk menjadi desa wisata, dalam waktu dekat ini akan mulai membangun beberapa infrasktruktur penunjang di kedua desa tersebut.  

Saat di temui usai memimpin rapat dengan Dinas terkait, Bupati Bombana H. Tafdil menuturkan pengembangan Desa Hukaea Lama dan Desa Tangkeno menjadi desa wisata sudah menjadi salah satu agenda Pemerintah Daerah, menurutnya hal tersebut merupakan bagian dari implementasi program pemerintah untuk lebih memperkenalkan bombana melalui pariwisata dan sebagai wujud dari promosi budaya.  

”  kita akan mulai menata berbagai infrastruktur penunjang di daerah tersebut ” ujar H. Tafdil.  

Lanjut, H. Tafdil mengatakan sampai saat ini pihak pemerintah masih mulai mendata dan melakukan kajian di lokasi tersebut terkait pembenahan yang akan dilakukan agar desa tersebut memiliki daya tarik tersendiri untuk dikunjungi, apalagi menurut H. Tafdil sebagai desa wisata sudah barang tentu kenyamanan bagi pengunjung merupakan salah satu fokus utama yang menjadi perhatian pemerintah.  

” kita akan menata jalan khususnya yang menuju akses lokasi air terjun dan benteng di tangkeno ” Ungkapnya.  

Orang nomor satu di bombana ini juga menjelaskan selain akses jalan, sarana  air bersih, lokasi parkir kendaraan dan pembenahan rumah rumah warga juga akan di lakukan, pasalnya kata H. Tafdil salah satu daya tarik wisatawan baik lokal maupun macanegara mengunjungi suatu objek wisata tidak lain karena pelayanan dan kenyamanan mereka saat berkunjung, namun dirinya juga mengpegaskan pembenahan yang akan dilakukan pemerintah tidak akan merusak dan tetap memelihara keasrian dan keaslian daerah tersebut. ” jika mau warga juga bisa menyewakan rumah mereka sebagai tempat peristirahatan, sehingga hal tersebut bisa menjadi salah satu penunjang peningkatan ekonomi masyarakat ” tandasnya.  

Desa tangkeno yang berada di salah satu puncak gunung tertinggi di sultra selain menyimpan berbagai eksotisme alam yang indah, daerah tersebut juga sering di kunjungi oleh wisatawan asing untuk melakukan penelitian, sama halnya dengan Desa Hukaea Lama yang berada di lantary jaya yang sering di gunakan sebagai tempat penelitian dari berbagai organisasi karena menyimpan keunikan alam, Desa hukaea lama yang merupajan desa tertua di bombana di sinyalir memiliki berbagai macam satwa langka yang tidak berada di daerah lain.  

” kita akan terus mengembangkan kedua desa ini agar budaya maupun keunikannya dari objek wisatadan keberagaman hayatinya bisa dikenal secara luas ” ujar pemilik DT 1 K Bombana ini.    

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *