PEMKAB BOMBANA MULAI TERTIBKAN HEWAN TERNAK

SHARE:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Hewan ternak yang kerap berkeliaran dan menjadi pemandangan di dalam kawasan ibu kota mulai di tertibkan aparatur pemerintah Kabupaten Bombana Tim penertiban hewan ternak yang terdiri dari unsur Pemerintah Kecamatan Rumbia Tengah, Polsek Rumbia, Koramil, dan satpol PP kemarin pagi ( 1/6 ) berhasil mengamankan 18 hewan ternak warga (kambing ) yang saat ini masih di amankan tim peneritban.

Camat Rumbia Tengah Ramsi Rafiu, SH yang ditemui di ruang kerjanya menuturkan penertiban hewan ternak tersebut sudah sesuai perda nomor 15 tahun 2012 yang mengharuskan seluruh hewan ternak warga untuk mengikat ternak mereka sehingga tidak berkeliaran di jalan khususnya daerah ibu kota agar tidak menampakkan kesan kumuh.

” Penertiban ini harus dilakukan dari tindak lanjut kamu setelah beberapa kali dilakukan sosialisasi kepada masarakat, ini juga merupkan bentuk penerapan aturan ” beber Ramsi.

Diakui pula mantan kepala bidang di Kesbang Pol Bombana ini, penertiban yang dilaksanakan dengan mengamankan beberapa ternak warga merupakan shock terapi bagi masyarakat sehingga hal ini bisa menimbulkan kepeduliaan untuk menjaga ternak mereka sendiri. Sedangkan hewan ternak warga yang saat ini di amankan tim penertiban akan di jaga dengan baik, sehingga bagi masyarakat yang ternaknya terjaring razia penertiban tidak perlu risau akan hal tersebut.

” Tidak usah ragu karena ternaknya akan dijaga dengan baik ” kata Ramsi.

” Namun bagi warga yang ingin mengambil ternak kembali silahkan berhubungan dengan tim penertiban ” sambungnya

Seperti diketahui, hewan ternak warga yang selama ini berkeliaran menjadi momok tersendiri, pasalnya sejak tahun 2012 lalu Perda Ternak sudah di undangkan namun pelaksanaannya belum berjalan maksimal.

Dari pantau di lapangan, penertiban yang dilakukan tim gabungan tersebut masih sebataas menertibkan ternak Kambing, namun menurut Ramsi yang juga turun langsung dilapangan bersama tim yang diketuai Kapolsek Rumbia dalam waktu dekat ini seluruh hewan ternak tanpa terkecuali akan di tertibkan.

” Kali ini kami masih bisa toleransi, namun saya tegaskan bahwa penertiban akan terus kami lakukan dan menerapkan aturan yang ada ” kata Ramsi Rafiu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *