PEMKAB BOMBANA OPTIMIS DESA BATUAWU JUARA LOMBA DESA TINGKAT NASIONAL

SHARE:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Rumbia. Ditetapkannya Desa Batuawu Kecamatan Kabaena Selatan sebagai juara lomba desa tingkat provinsi Sultra sekaligus mengukuh desa yang letaknya disebelah selatan pulau penghasil nikel tersebut untuk mengikuti ajang lomba desa tingkat nasional yang di ikuti 33 desa di seluruh 0provinsi sultra mendapat perhatian yang cukup serius dari pemerintah Kabupaten Bombana.

Melalui Kabag Humas dan Protokol Setda Bombana Drs. Hasdin Ratta,M.Is yang di hubungi via seluler beberapa saat lalu saat dirinya turut mendampingi Tim Penilai Lomba Desa yang beranggotakan Sembilan orang di Desa Batuawu, menuturkan tim tersebut hanya melakukan ferivikasi lapangan dan pengecekan kebenaran data yang telah di miliki pihak kementerian, sehingga nantinya ketika uji persentase akhir juli ini di lakukan Kementerian karena Desa Batuawu Masuk 10 Besar desa terbaik di indonesia data yang telah ada tersinkronisasi dengan data yang ada di lapangan.

” Tim ini turun untuk mengecek dan mengsikronisasikan data yang mereka miliki ” kata Drs. Hasdin Ratta di balik telpon.

Lebih lanjut, Mantan Kabag Pembangunan ini menjelaskan terpilihnya Desa Batuawu mewakili sultra di tingkat nasional pada Lomba Desa merupakan suatu prestasi yang cukup membanggakan, Pasalnya sejak mekar dari Kabupaten Buton Hampir satu dasawarsa silam, baru tahun ini salah satu desa di bombana meraih hasil terbaik di tingkat Provinsi menggungguli kandidat desa lainnya di Sultra dan berhak mewakili lomba desa Tingkat nasional bersaing dengan 32 desa lainnya yang mewakili provinsi masing – masing.

Pria satu anak ini menambahkan, banyak indikator penilaian yang menjadi bahan pertimbangan penilaian pada Lomba Desa kali ini, salah satunya sifat kegotong royongan masyarakat yang masih sangat mengakar serta upaya masyarakat dalam melestarikan budaya yang telah menjadi warisan turun temurun yang masih terjaga sampai sekarang, sehingga menurutnya pihak pemkab merasa optimis Desa Batuawu bisa menjadi desa terbaik di indonesia.

” Kita yakin Desa batuawu bisa menjadi yang terbaik karena semua indikator penilaian terpenuhi dan layak untuk di nilai ” terangnya.

” Saat ini Desa Batuawu masuk 10 besar desa terbaik dan berhak mengikuti persentase di kementerian untuk masuk 6 besar desa terbaik di indonesia, dan jika itu tercapai maka pihak pemerintah akan di undang di istana menerima penghargaan dari pemerintah pusat ” tambahnya.

Seperti diketahui, meski di guyur cuaca yang kurang bersahabat dengan guyuran hujan yang hampir seharian penuh, atusiasme Pihak pemerintah Daerah Bombana untuk meraih hasil terbaik dalam Lomba Desa Tingkat Nasional Tahun ini terlihat jelas, pasalnya selain di hadiri langsung Wakil Bupati Bombana yang mewakili Bupati Bombana yang sedang melakukan ibadah umrah, nampak pula jajaran Eselon II, III dan empat serta para Kepala desa tumpah ruah mendampingi tim penilai Pusat yang beranggotakan sembilan orang tersebut yang di ketua Simon Edward Lumbangao, SE. M.Si Kasubdit Direktorat jenderal PMD Kementerian Dalam Negeri .untuk melakukan ferivikasi selama satu hari di Desa Batuawu Kabaena Selatan.

” Bupati, Wakil Bupati dan Sekda mempercayakan sepenuhnya penilaian ini kepada tim yang menilai, karena yakin bahwa penilaian ini akan dilaksanakan seobjektif tanpa mengedepankan unsur lain ” kata Hasdin Ratta.

” Kita semua berharap dan optimis Desa batuawu meraih predikat desa terbaik di indonesia karena seluruh indikator yang menjadi standar penilaian sudah terpenuhi ” pungkasnya.

Komentar