PEMKAB BOMBANA SEMENTARA MENYUSUN PTO GEMBIRA

SHARE:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

RUMBIA, Pengelolaan dana Gerakan Membangun Kabupaten Bombana Dengan Ridha Allah (Gembira) sebesar 350 juta per desa dan kelurahan serta satu milyar rupiah per kecamatan sementara ini masih dalam tahapan penyusunan PTO. Pasalnya teknis pengelolaan porsi anggaran untuk desa, kelurahan dan kecamatan ini harus didasari dengan payung hukum agar program yang sangat bermanfaat bagi masyarakat dalam penyetaraan pembangunan di seluruh bombana tidak bertentangancdengan aturan

Djalaluddin, S. Sos, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Perempuan dan Keluarga Berencana (BPMP dan KB) mengatakan, PTO Gembira masih sementara direvisi oleh tim penyusun PTO yang terdiri atas Sekda Bombana, Kepala Bappeda, Bagian Hukum, dan Tim Manajemen Gembira Desa.   

“PTO Masih direvisi, mungkin dalam waktu dekat ini sudah dapat dirampungkan,”kata Djalaluddin  di ruang kerjanya, Senin (20/5).  

Menurut mantan camat poleang ini, revisi PTO tersebut didasarkan atas usulan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bombana dalam rapat dengar pendapat beberapa pekan lalu. Bahwa, pengelolaan dana Gembira desa, harus memiliki Peraturan Daerah (Perda), yang akan diturunkan dalam PTO.  

Revisi PTO tersebut, juga dilakukan karena tidak adanya keterlibatan Bagian Pemerintahan Desa dalam pengelolaan dana Gembira Desa. Sementara, dana Gembira desa sebesar 350 juta tersebut dikenal dengan dana Alokasi Dana Desa (ADD) dalam Perda APBD 2012. Dan dalam proses pengelolaannya, harus melalui Bagian Pemerintahan Sekretariat Daerah, Kabupaten Bombana.  

Namun Djalaluddin mengaku, bahwa dana ADD hanya 100 juta dan sisanya 250 juta adalah dana pemberdayaan yang pengelolaanya masuk dalam tugas pokok dan fungsi BPMP.

“BPMP hanya melakukan ferivikasi proposal kegiatan Gembira desa saja. Sementara ferivikasi kegiatan untuk kelurahan dan kecamatan itu bukan tupoksi BPMP karena kelurahan dan Kecammatan merupakan SKPD,”ungkap Djalaluddin.

Lantas bagaimana pengawalan program Gembira di Kelurahan dan Kecamatan, kelembagaan apa yang berwenang melakukan ferivikasi program untuk alokasi dana Gembira? “Ini semua akan jelas dalam hasil revisi PTO,”tukas Djalaluddin.    

Written : el-kasmilahi    

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *