PEMKAB RENCANAKAN BENTUK UNIT LAYANAN PENGADAAN

SHARE:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  


Ket. Gambar : Kabag Pembangunan Sekretariat Daerah Kab. Bombana Husrifnah Rahim di ruang kerjanya (foto: Herry ).

Rumbia. Kurun waktu tahun 2013 ini, satuan Kerja Paerangkat Daerah hanya akan memiliki Pejabat Pembuat Komimen ( PPK) dan Pejabat Pengadaan, karena dalam waktu dekat pemerintah daerah kabupaten bombana rencananya akan membentuk Unit Layanan Pengadaan yang bertugas sebagai panitia lelang barang dan jasa pemerintah ( ULP ) Demikian dikatakan Kabag Pembangunan Setda Bombana Husrifnah Rahim saat ditemui usai mengikuti rapat koordinasi di kantor bupati baru baru ini    

Dijelaskan, pembentukan ULP tersebut merupakan implikasi dari Perpres 54 Tahun 2010 yang mewajibkan masing masing pemerintah daerah untuk membentuk ULP yang merupakan bagian dari proses  lelang barang /jasa pemerintah yang akan dilaksanakan. menurut Husrifnah Pihak Pemerintah akan melakukan penyeleksian yang cukup ketat dalam menempatkan orang orang di Unit tersebut karena harus memiliki beberapa persyaratan yang wajib untuk di penuhi.  

” orang orang yang akan ditugaskan di ULP semua harus memiliki sertifikasi barang/jasa ” kata Husrifnah.      

Husrifnah mengurai, saat ini pembentukan ULP merupakan salah satu komitmen Bupati dan Wakil Bupati Bombana dalam menerapkan pola transparansi anggaran yang selama ini sudah berjalan, dimana menurut Husrifnah pembentukan ULP tersebut hingga saat ini masih dalam bentuk rancangan karena pihak pemerintah masih menggodok formulasi yang tepat pembentukan unit tersebut.

“pihak pimpinan masih melakukan penyeleksian, karena orang yang ditugaskan di ULP nantinya harus bersih dan bebas dari intervensi dari siapapun ” kata Husrifnah.    

Ditiadakannya Panitia Lelang Barang dan Jasa Pemerintah di SKPD, secara otomatis PPK dan Pejabat Pengadaan di masing masing instansi berkewenangan memberikan daftar laporan kegiatan  pengadaan ke pihak ULP agar dilelangkan.

” sesuai aturan yang dilelangkan ULP semua diatas 200 juta, sementara dibawah angkat tersebutxmasih di bawah kewenangan SKPD ” tambahnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *