PEREKAMAN DATA e-KTP MULAI DILAKSANAKAN

SHARE:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

RUMBIA, KE – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bombana, mulai melaksanakan perekaman data perdana untuk Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) di Rumbia, Rabu (4/7).

Dalam perekaman data perdana yang dilaksanakan, di Kantor Kecamatan Rumbia ini, dipadati ratusan warga Kecamatan Rumbia termasuk sejumlah pejabat Kabupaten Bombana. Mereka tampak antri menunggu giliran perekaman datan kependudukan yakni, perekaman pasfoto, pengambilan tanda tangan, pengambilan sidik jari dan iris mata untuk mendapatkan KTP Elektronok. Dan giliran pertama yang melakukan perekaman data adalah Sekda Bombana Dr Ir H Rustam Supendy. “Kita sudah menyiapkan undangan melalui Kecamatan pada seluruh warga Rumbia untuk perekaman data E-KTP,”kata Kepala Disdukcapil Drs Abdul Aziz disela-sela pelaksanaan perekaman data di Kantor Camat Rumbia. 

Menurut Abdul Aziz, perekaman data untuk E-KTP ini, sesuai ketentuan yang diatur dalam Undang-undang Nomor 23 Tahun 2006 pasal 64 ayat (3) tentang Administrasi Kependudukan, bahwa dalam Kartu Tanda Penduduk (KTP) harus disediakan ruang untuk memuat kode keamanan dan rekaman elektronik data kependudukan pada setiap penduduk.

“Setelah di Rumbia, kita juga akan menggelar perekaman data dikecamatan lain yakni Rarowatu, Poleang, Poleang Timur, Kabaena, dan Kabaena Timur,”sebutnya “Meski masih terdapat beberapa peralatan yang masih kurang pada lima kecamatan ini. Namun, bulan ini semua peralatannya bakal dirampungkan,”sambungnya. Target perampungan perekaman data E-KTP Bombana, akan mengacu pada target nasional yakni Oktober mendatang.

Disdukcapil Bombana lanjut Abdul Aziz, akan berupaya maksimal untuk merampungkan peroses perekaman data secara tepat waktu. “Ada sejumlah kecamatan yang belum diporsikan peralatan perekaman data dari pusat. Namun, kita tunggu pinjaman peralalatan dari kabupaten lain yang sudah merampungkan perekaman data E-KTP, sambil menunggu bantuan dari pusat”ucap Abdul Aziz.R2

Komentar