PETANI KECAMATAN POLEANG TIMUR PANEN RAYA SERTA PANEN BANTUAN

SHARE:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Rumbia, Masryarakat yang memiliki mata pencaharian sebagai petani yang berada di Kecamatan Poleang Timur khususnya yang berada di tiga desa kini bisa bernafas lega, betapa tidak, pada tahun ini, selain mendapat bantuan berupa uang sebagai modal pengembangan hasil pertanian yang diberikan kepada 9 kelompok tani, pihak pemprov sultra juga memberikan bantuan benih pertanian sebanyak 27.500 Kg yang bisa digunakan untuk areal persawahan 1500 Ha.Hal tersebut diungkapkan Bupati Bombana H. Tafdil, SE,MM saat menghadiri Panen Raya bersama Wakil Bupati Bombana Hj. Masyhura, Ketua Tim PPK Hj. A.Nirwana dan beberapa eselon II dan III di Dusun Jatie Desa Biru Poltim kemarin(15/9).  

H. Tafdil menuturkan dirinya sangat bersyukur mendengar informasi yang diperolehnya dari dinas terkait, bahwa pada tahun ini masyarakat di Poltim sudah melakukan panen sebanyak tiga kali. Hal ini menunjukkan wujud dari kerja keras dan keikhlasan masyarakat, sebab jika menilik lebih jauh kata H. Tafdil, padi tidak pernah lepas dari mitos yang ada di masyarakat.  

” terlepas dari mitos tersebut,  ini merupakan rahmat dari Allah buat kita “Ujar H. Tafdil.  

Lanjut dikatakan, keberhasilan panen yang dirasakan masyarakat tahun ini, tidak terlepas dari kerjasama dan perhatian pihak pemerintah baik itu dari Pemerintah Provinsi maupun Pemerintah Kabupaten dalam memperhatikan kesejahteraan masyarakat. dengan begitu kata H. Tafdil dengan banyaknya bantuan yang diterima masyarakat, hal ini bisa dimanfaatkan sebaik – baiknya.  

” saya berharap, dengan bantuan tersebut masyarakat bisa lebih memberdayakan kelompok tani, sehingga kedeoan hasilnya bisa lebih baik dari sekarang ini ” harap H. Tafdil.  

Dari penuturan Bupati Bombana ini, diketahui  masyarakat yang bermukim di wilayah Poleang Timur, selain mendapat bantuan benih27.500 Kg dari Pemprov Sultra,yang terbadi  di tiga Desa antaranya Desa Biru, Desa Teppo dan Desa Tampabulu untuk total lahan 1500 Ha dengan klasifikasi bantuan yang terbesar di desa biru21.050 kg, Pihak Pemprov Juga memberikan bantuan rehab irigasi kepada kelompok tani Sipakainge Rp 100 juta, Kelompok Tani Lembah Harapan Rp.  50 juta dan Kelompok Tani Mega Buana dengan alokasi anggaran Rp. 100 juta.

” pihak pemkab juga akan memberi bantuan handtraktor di tahun 2013, namun sementara ini kami masih menyusun anggaran ” tambah H. Tafdil.

Komentar