PKK BERKOMITMEN TINGKATKAN PERAN DASA WISMA

SHARE:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Rumbia. Pelaksanaan HUT PKK Ke 44 yang dilaksanakan pengerak PKK Kabupaten Bombana yang mengangkat tema Mewujudkan Gerak PKK melalui Revolusi Mental dan Penguatan Dasa Wisma menuju Bombana Sejahtera di Gedung Serba Guna Rumbia hari ini (14/3) tampak terasa cukup mewah, selain dihadiri ratusan Kader PKK se Kabupaten Bombana, pejabat Struktural Eselon II serta organisasi perempuan lainnya, pada pelaksanaan HUT PKK kali ini, pengurus PKK Bombana juga mengelar lomba Fashion Show yang di ikuti ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan yang mengundang decak kagum undangan yang menghadiri kegiatan tersebut.
Ketua TP PKK Bombana Hj. Andi Nirwana Tafdil, SP. MM mengungkapkan saat ini dirinya saat bersyukur dan mengaku cukup bangga melihat peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia yang di miliki kader PKK Bombana saat ini, pasalnya sejak dirinya memimpin PKK bombana 25 Agustus 2011 lalu, menurutnya banyak sekali kemajuan yang dialami Kader PKK Bombana, dirinya mencontohkan saat ini kader PKK sudah bisa memahami dan mengambil peran dalam percepatan pembangunan yang sementara digalakkan pemerintah daerah.
” Makanya momentum ini harus kita jadikan sebagai bahan evaluasi kita, sehingga kesannya peringatan ini bukan hanya dijadikan sebagai seremonial belaka, namun harus di jadikan bahan dalam meningkatkan kualitas diri yang di miliki PKK ” ujar Hj. Andi Nirwana.
Lebih lanjut, perempuan yang juga kini menduduki jabatan sebagai Ketua Badan Kehormatan DPRD Bombana saat ini, menegaskan agar seluruh kader baik itu Desa, Kelurahan sampai Kecamatan benar-benar menggunakan wadah PKK sebagai wadah gerakan sosial dengan lebih memberdayakan Dasa Wisma di wilayah masing-masing. Dirinya beralasan semakin terbukanya era globalisasi saat ini, kaum perempuan dituntut agar lebih berperan aktif dalam pelaksanaan program revolusi mental yang digalakkan pemerintah Jokowi – JK saat ini.
Dirinya tak menampik, masih kurangnya peran Dasa Wisma saat ini memang menjadi memberi pengaruh yang sangat besar dalam perkembangan PKK di Bombana, olehnya itu, dirinya sangat berharap agar wadah Dasa Wisma yang ada di setiap daerah agar lebih di dorong mengingat Dasa Wisma merupakan ujung tombak suksesnya 10 program PKK.
” Saya harap agar dasa wisma lebih diaktifkan lagi sebab wadah ini merupakan ujung tombak dari semua kegiatan, utamanya dalam membuat sistem pelaporan bulanan, ingat laporan itu penting agar kegiatan selama satu tahun bisa lebih terukur, apalagi laporan ini merupakan kewajiban karena akan di kirim ke provinsi dan ke pusat ” kata Hj. Andi Nirwana Tafdil.
Sementara itu, ditempat yang sama, Bupati Bombana H. Tafdil, SE.MM mengurai apa yang sudah dilakukan PKK melalui 10 program pokoknya patut mendapat apresiasi oleh semua pihak, dirinya beralasan terlaksananya program pembangunan yang digalakkan oleh Pemerintah Daerah utamanya di Bidang Infrastruktur tidak lepas dari kinerja PKK selama ini.
” Saya harap agar apa yang sudah di laksanakan PKK selama kurun waktu empat tahun lebih saat ini bisa lebih ditingkatkan dan jangan kendor dalam melaksanakan tugasnya sebagai pekerja sosial di masyarakat ” papar Bupati Bombana.
Lebih lanjut, Ketua Dewan Pembina PKK Bombana ini mengingatkan kepada seluruh Camat, Lurah dan Kepala Desa agar lebih mengoptimalkan peran Kader PKK di wilayah mereka melalui sokongan anggaran yang di miliki, banyaknya alokasi anggaran yang diperuntukkan untuk Desa sudah sepatutnya mengalokasi anggaran untuk PKK.
” Artinya keberlangsungan program yang dimiliki PKK patut kita topang melalui anggaran yang ada di tingkat bawah sehingga. Kader PKK bisa lebih giat dalam mengsukseskan program pemerintah ” ungkap Bupati Bombana.

Komentar