PRODUKSI PADI BOMBANA MENCAPAI 6,8 TON PERHEKTAR

SHARE:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Ket. Gambar : Bupati Bombana H. Tafdil, SE, MM, di dampingi Asisten II setda Bombana Ir. H. Selamet Rigay, M.Si saat melakukan Panen Raya di Kecamatan Lantari Jaya.

RUMBIA, Jika tahun lalu produksi sawah di Kecamatan Lantarijaya, Kabupaten Bombana hanya diperoleh produksi rata-rata 3,1 Ton Per Hektar, maka saat ini petani mampu menggenjot produksi gabah perhektar menjadi 6,8 Ton per hektar. Hal ini tampak pada satu hektar lahan sawah milik kelompok tani sumber tani di Desa Anugrah Kecamatan Lantarijaya. Produksi per hektar yang mampu berlipat ganda ini terjadi berkat dukungan pupuk petrabiol dari PT petrokimia Kayaku, Gresik Jawa Timur.

“Kita bisa sama-sama saksikan, kami mampu tingkatkan produksi dua kali lipat dari produksi sebelumnya,”kata Dalle, ketua kelompok Sumber Tani di hadapan Bupati Bombana H Tafdil, seusai panen raya di Lantari jaya, Rabu14/3).

Manejer Petrokimia Kayaku mengaku, pupuk petrabiol mampu melipatgandakan produksi. Karena pupuk ini berfungsi meningkatkan kesuburan tanah dan kesuburan tanaman.  Bupati Bombana H. Tafdil, SE, MM juga sangat mengapresiasi  uji coba pupuk tersebut.

Pemkab melalui Dinas Pertanian kata Tafdil, tidak akan tinggal diam. Ketua PAN Bombana ini mengaku, akan mengalokasikan bantuan pupuk Petrobiol, setelah agustus 2012. “Langkah awal kita akan fokuskan 150 Ha dulu, yang akan dikoordinir dinas pertanian,”kata Tafdil dihadapan para petani dan tokoh-tokoh masyarakat Kecamatan Lantarijaya saat Panen Raya di Kecamatan Lantari Jaya.

Bupati berharap, ujicoba yang dilakukan PT Petrokimia Kayaku, tidak hanya di lakukan Lantari jaya, namun di wilayah Rarowatu Utara, Rumbia dan Poleang pun dilakukan uji coba yang sama, agar para petani dapat memperbaiki produksinya. “Saya harap, petrobil bisa memicu Lantari Jaya dan Rarowatu utara, untuk bisa menjadi lumbung pangan Bombana,” harap Bupati.

Lebih lanjut Ditambahkan , pada Mei-Juni mendatang, Pemkab Bombana melalui Dinas Pertanian, akan memberikan bantuan bibit padi 20 Ton untuk kecamatan Lantarijaya dan Rarowatu Utara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *