PRODUKTIFITAS IKAN TAMBAK DESA WATUMENTADE 20 TON PERTAHUN

SHARE:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Rarowatu Utara (18/3), Desa Watumentade Rarowatu Utara tahun ini akan mendapatkan bantuan Rehabilitasi Saluran dan Pembangunan Jalan Produksi tambak melalui Dinas Perikanan dan Kelautan Kab. Bombana dengan alokasi anggaran 441 Juta , hal tersebut dikatakan Bupati  Bombana H. tafdil ,SE. MM saat melakukan Panen Raya Ikan Tambak di Desa Watumentade.

H. Tafdil yang di dampingi Ketua Tim Penggerak PKK Hj. A. Nirwana dan beberapa anggota DPRD Kab. Bombana pada Panen tersebut menambahkan, selain dari bantuan dari Dinas Perikanan, Bantuan Pembangunan talut juga sudah diprogramkan, “ Badan Penanggulangan Bencana Kab. Bombana sudah memprogramkan pembangunan talut pemecah ombak disepanjang pesisir pantai yang semua itu merupakan bantuan dari pemerintah pusat, dan sementara ini masih dalam tahap proses” ujar H. Tafdil dalam sambutannya.

Lanjutnya, Bupati yang juga Ketua DPD PAN Kab. Bombana ini menegaskan bahwa Pihak Pemerintah Daerah dan Provinsi akan selali bekerjasama dalam memperhatikan segala aspek yang menjadi faktor penghambat laju peningkatakan hasil perekonomian masyarakat, “ hal – hal terkait tentang kendala di hadapi masyarakat, telah kami sampaikan ke pihak provinsi, dan Bapak Gubernur juga sudah sangat merespon positif dan telah menginstruksikan melalui dinas terkait untuk segera didata” kata H. Tafdil.

Jika dilihat  Hasil budidaya ikan tambak di Desa Matumentade pada tahun ini mengalami penurun yang cukup signifikan, jika pada tahun lalu secara keseluruhan panen masyarakat bisa mencapai sekitar 40 Ton, sedangkan tahun ini hanya berkisar 20 Ton Ikan. Hal tersebut di sebabkan banyaknya tambak masyarakat yang tergenang air pasang laut beberapa saat lalu.

Senada dengan Bupati, Kepala Desa Matumentade Zaeni R juga mengatakan hal yang sama, masyarakat watumentade khusunya yang memiliki tambak ikan yang berdekat dengat laut sudah sangat mengharapkan talut tersebut untuk segera dibangun, “ dengan tidak menentunya cuaca akhir – akhir ini, menyebabkan gelombang pasang air laut sudah masuk tambak masyarakat hingga bibit ikan banyak yang hanyut, semoga dengan di bangunnya talut tersebut, kedepannya pendapatan perekonomian masyarakat kami bisa lebih meningkat” Tambah Zaeni.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *